PENGUKURAN DAN PUBLIKASI STUNTING SEBAGAI AKSI KONVERGENSI PERCEPATAN PENURUNAN STUNTING DI KAB. SUMBAWA

PENGUKURAN DAN PUBLIKASI STUNTING SEBAGAI AKSI KONVERGENSI PERCEPATAN PENURUNAN STUNTING DI KAB. SUMBAWA

20 December, 2022
Salah satu Intervensi penurunan Stunting terintegrasi yang dilaksanakan oleh Kab. Sumbawa adalah Aksi ke-7, yaitu pengukuran dan publikasi stunting. Pengukuran dan publikasi angka stunting adalah upaya Kab. Sumbawa untuk memperoleh data prevalensi stunting terkini pada skala layanan puskesmas, kecamatan, dan desa. Kegiatan pengukuran dan publikasi aksi 7 konvergensi percepatan penurunan stunting dibuka secara resmi oleh Asisten pemerintahan dan kesra sekda Kab. Sumbawa yang juga merupakan wakil ketua TP2S Kab. Sumbawa - Varian Bintoro, S.Sos., M.Si., bertempat di Ruang Rapat Hasan Usman Kantor Bupati Sumbawa (20/10/22).
.
Dalam sambutan singkatnya, Varian, sapaan akrabnya, menjelaskan bahwa Dinas Kesehatan Kab. Sumbawa sebagai penanggung jawab pengukuran dan publikasi stunting, telah melakukan pengukuran status gizi terutama stunting pada balita untuk selanjutnya diinput dalam aplikasi elektronik pencatatan dan pelaporan gizi berbasis masyarakat (e-PPGBM), yang di entry oleh petugas gizi dibantu tim entry puskesmas di Sumbawa, apabila ada data yang bermasalah akan di konfirmasi dan divalidasi oleh petugas puskesmas dan Dinas Kesehatan.
.
Dalam kesempatan yang sama juga dijelaskan bahwa informasi hasil pengukuran status gizi balita telah didesiminasikan dan dipublikasikan. Diharapkan hasil pengukuran status gizi terutama prevalensi stunting balita diseminasikan pada setiap pertemuan, baik pada saat SMD, mini lokakarya bulanan dan pertemuan lintas program maupun lintas sektor OPD terkait, serta dipublikasi juga melalui saluran informasi media elektronik maupun media sosial, baik ditingkat kabupaten, kecamatan, puskesmas dan desa yang ada di Sumbawa, sehingga dapat dipakai menjadi dasar penyusunan secara lebih terinci kegiatan-kegiatan terkait stunting yang akan dilaksanakan selama bulan berjalan.
.
Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala dinas P2KBP3A Kab. Sumbawa, Sekretaris Dinas Kesehatan, perwakilan masing-masing OPD yang menjadi bagian dari anggota TP2S Kab. Sumbawa, serta undangan lain yang terkait.

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar