Ekspose Badan Pusat Statistik (BPS) - Kajian Dampak Event MXGP Samota 2022 Terhadap Ekonomi Kab. Sumbawa

22 July, 2022
(22/07/22) Setelah event MXGP International of Indonesia Samota-Sumbawa 2022 sukses dilaksanakan, BPS Kab. Sumbawa gelar ekspose terkait dampak event MXGP terhadap ekonomi Kab. Sumbawa, dan berlangsung diruang rapat Hasan Usman, lantai 1 kantor Bupati Sumbawa. Kegiatan dihadiri oleh Bupati Sumbawa, Sekretaris Daerah Kab. Sumbawa, Kepala BPS Kab. Sumbawa, Kepala BPS Provinsi NTB beserta tim (melalui Zoom Meeting), Kepala Bappeda Kab. Sumbawa, Kadis Diskominfotiksandi Sumbawa, Kadis Koperindag Kab. Sumbawa serta tamu undangan lainnya.
.
Dalam sambutannya, Bupati Sumbawa - Drs. H. Mahmud Abdullah, memberikan ucapan terima kasih kepada pihak BPS, karena telah melaksanakan kegiatan ekspose tersebut, guna untuk mengetahui hasil perekonomian Sumbawa setelah diadakannya event MXGP lalu, dan juga sebagai bahan untuk perjalanan atau kegiatan besar kedepannya.
.
Selanjutnya Kepala BPS Kab. Sumbawa - Akhmad Zammiluny, MM., memberikan data terkait event MXGP lalu, yang dimana pengunjung yang datang ke event internasional tersebut mencapai 55 ribu pengunjung dan didominasi oleh 61,79% penduduk yang berdomisili di Kab. Sumbawa, sisanya berasal dari luar Sumbawa. "Data primer didapat melalui turun lapangan langsung, sedangkan sekunder didapat melalui dinas-dinas yang bekerjasama dalam event MXGP", ujarnya.
.
Lebih lanjut, MXGP memberikan dampak nilai produksi daerah Kab. Sumbawa mencapai hingga 134,21 milyar rupiah, dimana ada kontruksi, pengadaan listrik dan gas, akomodasi makan dan minum, dsb. Selain itu, dari Big Data yang diambil dari Google Trend dan Twitter, keyword pencarian event MXGP Samota selama bulan Juni memiliki data yang sangat tinggi, dan rata-rata yang melakukan pencarian dengan keyword tersebut adalah masyarakat Sumbawa.
.
Sebanyak 63% pengunjung membeli suvenir yang memiliki logo MXGP, dengan niat sebagai kenang-kenangan dari event MXGP. "Jadi, disarankan kepada UMKM untuk menjual produk disertai dengan logo event terkait dikedepannya. Karena jika dilihat dari hasil pembelian kemarin, kebanyakan pengunjung membeli suvenir yang memiliki logo event tersebut. Dengan salah satu cara ini, pihak UMKM bisa mendongkrak hasil dari penjualan produknya" tegasnya.
.
Dalam kesempatan yang sama, Kepala BPS NTB, dalam hal ini diwakili oleh tim - pak Nyoman, akrabnya, memberikan masukan terkait penjualan produk dalam event kedepannya, "Dengan adanya kegiatan besar seperti MXGP internasional kemarin, UMKM bisa menjual seluruh produk dengan memanfaatkan event tersebut, dan semoga kedepannya UMKM Kab. Sumbawa bisa meningkatkan lagi produk lokal yang dimiliki", ucapnya.
.
Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian masukan dan data lainnya dari dinas-dinas yang bekerjasama dalam event MXGP International of Indonesia Samota-Sumbawa 2022.

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar