Bupati Kukuhkan Komunitas Relawan Literasi Kab. Sumbawa

Bupati Kukuhkan Komunitas Relawan Literasi Kab. Sumbawa

20 January, 2022
Bupati Sumbawa diwakil Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa, Ir. H. Iskandar D, Mec.,Dev., mengukuhkan Komunitas Relawan Literasi Kabupaten Sumbawa pada Kamis, (20/1) di Aula H. Madilaoe ADT Lantai III Kantor Bupati Sumbawa.
Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemerintah Australia yang telah menjalin kemitraan dengan Pemerintah Indonesia melalui program inovasi untuk pendidikan anak Indonesia, terutama siswa SD kelas awal, dan telah memberikan skema hibah alumni kepada para dosen STKIP Paracendekia NW Sumbawa dan alumni beberapa Universitas terkemuka di Australia.
Menurut Bupati, ini merupakan berkah yang harus disyukuri, bukan hanya oleh Pemerintah tetapi seluruh masyarakat Kabupaten Sumbawa, karena ini merupakan program kemitraan yang didukung oleh Pemerintah Australia.
“ini merupakan program yang sangat penting dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Dan tentu sasaran akhirnya adalah bagaimana anak-anak kita di sekolah dasar tingkat bawah, terutama dari kelompok masyarakat berekonomi lemah akan bisa mendapatkan dukungan dan kemajuan di dalam menguasasi literasi”, ujar Bupati.
Penguasaan terhadap literasi, ungkap Bupati, merupakan kata kunci untuk mewujudkan pembangunan manusia. Bupati menilai program ini akan berjalan panjang, bagaimana nantinya anak-anak didik mampu memahami apa yang dibaca, kemudian pada tahap berikutnya mengimplementasikan apa yang dibaca serta mengkreasikannya.
“Kita tidak akan mampu mencapai tingkat tertinggi itu kalau tidak memulai dari langkah pertama. Ini merupakan tugas yang mulia, tugas untuk menciptakan kebisaan kepada anak-anak didik kita”, ungkapnya.
Untuk itu, Bupati menyampaikan terima kasih atas peran serta dan komitmen yang terbangun di dalam Komunitas Relawan Literasi Kabupaten Sumbawa. Bupati mengatakan ini merupakan jalan emas untuk mewujudkan Sumbawa Gemilang yang Berkeadaban.
“Saya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah secara langsung membantu masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Sumbawa mewujudkan visi dan menyelenggarakan misi pembangunannya dalam rangka Sumbawa Sehat dan Cerdas menuju Sumbawa Gemilang yang Berkeadaban”, lanjut Bupati.
Bupati berharap kehadiran Komunitas Relawan Literasi Kabupaten Sumbawa ini dapat mendukung upaya Pemerintah Daerah dalam menyelesaikan masalah-masalah literasi, yang diharapkan bermuara pada peningkatan indeks literasi masyarakat Kabupaten Sumbawa.
Sebelumnya, relawan literasi telah menjalankan program “Creating A Literacy Volunteer Community To Address The Learning Needs Of Low Socio-Economic Early Graders In Sumbawa Regency”, dengan melibatkan 50 relawan literasi dan 150 anak SD kelas awal dari latar belakang ekonomi lemah pada 50 titik berbasis desa di Kabupaten Sumbawa dalam rangka mewujudkan Sumbawa Gemilang yang Berkeadaban.
 
Sumber : Prokopim

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar