WAKIL BUPATI SUMBAWA BUKA WORKSHOP LAWAS BALAWAS

WAKIL BUPATI SUMBAWA BUKA WORKSHOP LAWAS BALAWAS

12 January, 2022
Wakil Bupati Sumbawa, ibu Dewi Noviany, S.Pd. M.Pd., di pagi Rabu cerah membuka secara resmi Workshop Lawas Balawas, yang diselenggarakan oleh Pengurus PGRI Kabupaten Sumbawa, di Aula SMK Negeri 1 Sumbawa Besar.
Wakil Bupati dalam sambutannya dikesempatan tersebut, sangat mengapresiasi Workshop yang diinisiasi oleh PGRI, yang dinilai sebagai salah satu bentuk melestarikan kesenian khas tana' Samawa, yakni Balawas. "Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini sebagai bentuk pelestarian budaya asli tau' Samawa, yang perlahan mulai pudar dan hanya didapati diacara-acara resmi pernikahan," sebutnya.
Dijelaskannya, Pemerintah Daerah telah melaunching kegiatan Sabtu Budaya di sekolah-sekolah, sebagai salah satu muatan lokal yang mengajarkan siswa tentang budaya tau dan tana' Samawa. Selain itu ungkap Wakil Bupati, Pemerintah Daerah juga telah menerbitkan Peraturan Bupati Nomor 33 Tahun 2021, tentang pendidikan karakter dan penguatan nilai-nilai keSamawaan bagi para tenaga pendidik.
Di penghujung sambutan, ibu Dewi Noviany berkenan mempersembahkan sebuah lawas kepada segenap panitia dan peserta workshop, yang begitu sarat makna.
Mulia Tana' Samawa
Pajatu Balong Nonda Taning
Nan Pasiki Tu Marenta
Marenta Adil Ke Bijak
Rakyat Gegan Ke Gamporo
Samawa Gemilang De Tu Arap
 
Sumber : Prokopim

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar