• Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Wujudkan Kabupaten Sumbawa Yang Hebat dan Bermartabat Dengan Semangat Indonesia Kerja Bersama

Visi dan Misi

VISI PEMERINTAH KABUPATEN SUMBAWA TAHUN 2016-2021

VISI

 

"TERWUJUDNYA MASYARAKAT MANDIRI BERDAYA SAING DAN BERKEPRIBADIAN BERLANDASKAN SEMANGAT GOTONG ROYONG"

Visi ini memiliki mata kunci yaitu BERDAYA SAING yang ditandai dengan SDM yang berkualitas, birokrasi yang bersih, handal dan professional serta dukungan infrastruktur yang memadai.

 

MANDIRI, masyarakat Kabupaten Sumbawa yang mampu memenuhi kebutuhan dasar secara ekonomi sosial dan berkeadilan. Dapat juga diartikan sebagai kondisi dimana pemerintah daerah mampu mengelola potensi sumberdaya alam dan meningkatkan pendapatan daerah yang dpergunakan sebesar-besarnya untuk kepentingan rakyat.

BERKEPRIBADIAN, prinsip hidup ini ditandai dengan tewujudnya masyarakat yang religius, patuh terhadap hukum dan penuh toleransi terhadap keberagaman. Tiga hal tersebut akan berusaha digapai dengan smangat gotong-royong yang tercermin melalui kerjasama antara semua elemen bangsa yang ada di daerah ini. Visi tersebut dijabarkan dalam visi-misi dan agenda aksi, meningkat sumberdaya manusia melalui peningkatan kualitas pendidikan dan derajat kesehatan masyarakat. Misi pertama ini merupakan respon rendahnya IPM Kabupaten Sumbawa. Agenda aksinya meliputi program percepatan wajib belajar 12 tahun peningkatan mutu pendidikan pada setiap jenjang pendidikan, peningkatan kompetensi guru dan fasilitas pengembangan perguruan tinggi di Kabupaten Sumbawa melalui kerjasama dalam bidang riset dan pengembangan. Untuk bidang kesehatan, HUSNI MO akan mengoptimalkan program desa siaga untuk menekan angka kematian bayi dan ibu melahirkan. Melaksanakan pelayanan prima di puskesmas dan rumah sakit, meningkatkan kompetensi dan sebaran tenaga kesehatan, relokasi RSUD, mengupayakanmembuka kantor cabang BPJS sehingga pelayanan BPJS akan semakin baik. Bidang Kependudukan dan Ketenagakerjaan akan dioptimalkan kembali program KB, program transmigrasi, dan peningkatan kualitas tenaga kerja melalui serangkaian pendidikan dan optimalisasi peran BLK, program pendidikan kecakapan hidup, dan program kewirausahawan mandiri melalui pusat kajian dan belajar masyarakat, lembaga kursus dan pelatihan. Mewujudkan birokrasi yang bersih, handal dan professional sehingga mampu menjalankan pemerintahan sesuai dengan prinsip tata pemerintahan yang baik. Visi ini akan dilaskanakan melalui reformasi birokrasi meliputi progam peningkatan kesejahteraan pegawai, program penataan oganisasi dan tatalaksana, penguatan pengawasan, penataan manajemen SDM dan aparatur, peningkatan akuntabilitas kinerja dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Selanjutnya mewujudkan percepatan pembangunan infrastruktur dengan membangun sinergi yang kuat dengan pemerintah pusat dan propinsi. Husni Mo menyatakan akan meningkatkan persentase jalan mantap, areal sawah dan irigasi tekhnis, cakupan layanan air bersih, telekomunikasi dan akses transportasi.


MISI

Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia melalui peningkatan kualitas pendidikan dan peningkatan derajat kesehatan masyarakat.Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia melalui peningkatan kualitas pendidikan dan peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Mewujudkan birokrasi yang bersih, handal dan profesional sehingga mampu menjalankan pemerintahan sesuai dengan prinsip tata kepemerintahan yang baik (good govermance).

Mewujudkan percepatan pembangunan infrastruktur dengan membangun sinergi yang kuat dengan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi.

Mengembangkan potensi unggulan daerah dan meningkatkan produktivitas usaha masyarakat demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat, penurunan angka kemiskinan dan perluasan lapangan kerja.

Mewujudkan pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan hidup yang berkelanjutan.

Mewujudkan masyarakat yang religius dan memelihara toleransi antar umat beragama.

Memelihara dan mengembangkan potensi budaya dan kearifan lokal.