• Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Wujudkan Kabupaten Sumbawa Yang Hebat dan Bermartabat Dengan Semangat Indonesia Kerja Bersama

Tarian

Melalui tembang yang mengiring tari tanak melahirkan suasana magis merupakan asal muasal tari-tari daerah Sumbawa.

Agaknya seniman tari kita mendapat inspirasi dari gerakan tari tanak disamping gerakan-gerakan lainnya telah mentradisi dalam masyarakat, seperti gerakan yang terdapat pada upacara adat, permainan rakyat, berbagai gerakan keterampilan kaum wanita dan lainnya.


Sumbawa sejak lama mengenal tari tradisional yaitu tari yang sudah ada di daerah ini sejak dahulu. Tari tersebut sudah mempunyai pola tertentu. Ada lagi tari garapan. Yang dimaksud dengan tari garapan adalah tari tradisional; diperbarui, digarap beberapa bagian misalnya desain lantai, iringan, busana dengan tidak melunturkan kesan tari tradisonal tersebut. Disamping itu, dikenal bahkan telah dihayati masyarakat secara luas, yaitu tari kreasi.


Tari kreasi adalah tari ciptaan baru merupakan hasil kreatifitas seniman penciptanya. Tari kreasi itu bersumber dari unsur-unsur gerak, gaya dan lain-lain yang ada dalam tari daerah Sumbawa.
 
 
 
Sumber : Disporabudpar Kab. Sumbawa 2013