Musrenbang RKPD Kabupaten Sumbawa 2022 Digelar, 6 Fokus Penjabaran Dimantapkan

Musrenbang RKPD Kabupaten Sumbawa 2022 Digelar, 6 Fokus Penjabaran Dimantapkan

30 March, 2021

Sumbawa Besar, BeritaSumbawa. Penjabat Bupati Sumbawa Ir. Muhammad Husni, M.Si membuka secara resmi pelaksanaan Musrenbang Kabupaten Sumbawa 2021 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sumbawa Tahun 2022 digelar hari ini (30/3) di Ruang Rapat Hasan Usman Lantai 1 Kantor Bupati Sumbawa.

Tampak hadir pada acara tersebut Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Terpilih, Anggota Forkopimda Kab. Sumbawa, Sekda Sumbawa, para Staf Ahli Bupati, dan para Asisten Sekda. Sementara Kepala Bappeda Provinsi NTB dan para Pimpinan OPD dan Camat se-Kabupaten Sumbawa mengikuti acara secara virtual.

Penjabat Bupati Sumbawa Ir. Muhammad Husni, M.Si dalam sambutannya menyampaikan tujuan kegiatan Musrenbang Kabupaten hari ini adalah menyepakati rencana kegiatan pembangunan yang menjadi prioritas pembangunan di lingkup kabupaten, yang nantinya akan tertuang dalam RKPD.

Digelarnya Musrenbang menurut Bang Ony sapaan akrabnya, juga dalam rangka mempertajam indikator serta target kinerja program serta lokasi kegiatan, sesuai dengan tugas dan fungsi setiap perangkat daerah nantinya.

“Untuk itu, dibutuhkan komitmen dari setiap perangkat daerah agar apa yang direncanakan dapat dicapai”, ujar Bang Ony sapaan akrab Penjabat Bupati Sumbawa ini.

Berkenaan dengan tema pembangunan Kabupaten Sumbawa Tahun 2022, yakni “Peningkatan Daya Saing Daerah Melalui Pemantapan Pelayanan Dasar, Penguatan Ekonomi Lokal Dan Pengembangan Inovasi”, Insyinyur Husni menyampaikan 6 Fokus penjabaran dari tema tersebut yaitu Peningkatan kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing dan pelayanan dasar, Peningkatan ekonomi melalui pengembangan produk unggulan daerah dan ekonomi kreatif, Reformasi birokrasi dan pelayanan publik, Mewujudkan masyarakat Sumbawa yang beriman, aman dan berbudaya, Pengembangan infrastruktur wilayah dan konektivitas wilayah, dan Pengelolaan lingkungan hidup, perubahan iklim dan mitigasi bencana.

Untuk mencapai target-target tersebut, Ir. Husni menekankan kepada seluruh perangkat daerah untuk lebih proaktif menjajaki peluang pembiayaan pembangunan dari sumber selain APBD termasuk dengan menjalin komunikasi dan penyampaian usulan kepada Kementerian dan Pemerintah Provinsi, baik dana APBN, tugas pembantuan, dekonsentrasi ataupun APBD Provinsi sesuai dengan prioritas pembangunan daerah yang sinergi dengan prioritas pembangunan provinsi maupun nasional.

Sementara itu Kepala Bappeda Provinsi Dr. Ir. H. Amri Rahman, M.Si., memaparkan program pembangunan daerah Provinsi NTB di Kabupaten Sumbawa Tahun 2022. Disebutkan, terdapat 3 fokus poin rencana pembangunan Provinsi NTB di Kabupaten Sumbawa, yakni Pengelolaan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil yang berada di wilayah Kecamatan Alas Barat, Alas dan Buer, Pengembangan wilayah selatan Kabupaten Sumbawa yakni Kecamatan Lunyuk dan Kecamatan Labangka, serta Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Teluk Santong sebagai bagian yang tak terpisahkan dari pengembangan Samota.

Musrenbang dilanjutkan dengan pemaparan para Kepala Bidang Koordinasi pada Bappeda Kabupaten Sumbawa, tanya jawab dan ditutup oleh Kepala Bappeda Kabupaten Sumbawa Ir. H. Junaidi, M.Si.  (ra/mckabsumbawa)

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar