PLT. KETUA TP PKK BUKA REFRESH MONITORING KESETARAAN GENDER DALAM STBM

PLT. KETUA TP PKK BUKA REFRESH MONITORING KESETARAAN GENDER DALAM STBM

27 November, 2020

Plt. Ketua TP PKK Kabupaten Sumbawa, ibu Yulita Ratna Widiyanti Zainal Abidin, membuka secara resmi kegiatan Refresh Monitoring Kesetaraan Gender Dalam STBM (MKGS), yang diinisiasi oleh Yayasan PLAN International Indonesia. Acara yang bertujuan menyegarkan kembali momen-momen kegiatan yang telah dilaksanakan di beberapa kecamatan di Sumbawa, dihadiri oleh Koordinator PLAN Indonesia Cabang NTB, segenap jajaran TP PKK Kabupaten dan kecamatan, yang bertempat di Aula Grand Hotel Sumbawa, pagi ini.

Dalam sambutannya, Plt. Ketua PKK mengapresiasi Yayasan PLAN Internasional Indonesia yang telah menginisiasi pelaksanaan seluruh rangkaian kegiatan STBM di Kabupaten Sumbawa. “Kegiatan yang kita ikuti pagi ini pada dasarnya juga dimaksudkan untuk menyadarkan masyarakat tentang pentingnya lima pilar STBM, yakni stop buang air besar sembarangan,  cuci tangan pakai sabun, pengolahan air dan makanan sehat dalam rumah tangga, pengamanan sampah rumah tangga, dan pengamanan limbah cair”, paparnya.

Menurutnya, berbagai permasalahan dan kendala di lapangan seringkali dihadapi dalam penerapan 5 pilar STBM ini, antara lain masih rendahnya perilaku hidup bersih dalam masyarakat di beberapa tempat, terutama dalam hal kebiasaan buang air besar sembarangan, pencemaran lingkungan karena sampah dan limbah rumah tangga, serta tidak mencuci tangan dengan baik.

Diakhir sambutan, Plt. Ketua PKK berharap, agar kegiatan monitoring seperti ini dapat secara berkesinambungan dilakukan, dan pesertanya dapat disetting dalam satu tim yang utuh, yang terdiri dari berbagai sektor terkait di lapangan.

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar