GANDENG BORSYA FOUNDATION DAN PT. TELKOM AKSES, BAPPEDA SUMBAWA GELAR SEMINAR NASIONAL

GANDENG BORSYA FOUNDATION DAN PT. TELKOM AKSES, BAPPEDA SUMBAWA GELAR SEMINAR NASIONAL

11 November, 2020

Tantangan pemerataan infrastruktur telekomunikasi ke depan bukan hanya persoalan akses terhadap internet dan platform digital lainnya, tetapi juga menyangkut efisiensi pembiayaan investasi pembangunan infrastruktur telekomunikasi, yang dalam hal ini membutuhkan peran pihak swasta sebagai partner untuk mewujudkan harapan tersebut.

Hal itu disampaikan Pjs. Bupati Sumbawa dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Staf Ahli Bupati Bidang SDA dan Kemasyarakatan, Drs. Zainal Abidin saat membuka secara resmi Seminar Nasional bertajuk Pemerataan Pembangunan Infrastruktur Telekomunikasi di Indonesia Timur. Kegiatan yang terselenggara atas kerjasama Bappeda Sumbawa dengan Borsya Foundation dan PT. Telkom Akses ini berlangsung Kamis pagi (12/11) di Aula H. Madilaoe ADT Lantai 3 Kantor Bupati Sumbawa.

Selain hal-hal diatas, menurut Pjs. Bupati, tantangan yang juga tidak kalah pentingnya adalah bagaimana menyiapkan SDM telekomunikasi yang siap pakai, terutama di era globalisasi saat ini. Karena itu ia sangat mengapresiasi langkah maju yang dilakukan oleh Borsya Foundation, yang akan membangun SMK Telekomunikasi di Kabupaten Sumbawa. SMK ini diketahui merupakan yang pertama di wilayah Indonesia timur. “Kami menilai, pembangunan SMK Telekomunikasi ini merupakan langkah yang tepat dan strategis dalam menyiapkan SDM-SDM handal di bidang telekomunikasi di masa yang akan datang.” Ucapnya.

Berkaitan dengan upaya pemerataan infrastruktur telekomunikasi di Kabupaten Sumbawa, Pjs. Bupati menyebut baru-baru ini 9 site BTS telah diusulkan untuk ditingkatkan layanannya ke 4G, dimana saat ini tengah dilaksanakan proses speed up perangkat dan sinkronisasi akses satelit. Adapun kesembilan titik lokasi BTS tersebut yaitu Site Sempe Kecamatan Moyo Hulu, Site Sampar Bontong Kecamatan Lunyuk, Site Tangkampulit Kecamatan Batulanteh, Site Bao Desa Kecamatan Batulanteh, Site Senawang Kecamatan Orong Telu, dan Site Labuhan Ijuk Kecamatan Moyo Hilir, yang dibangun melalui program USO bakti Kementerian Kominfo serta Site Sebeok Kecamatan Orong Telu, Site Batu Rotok Kecamatan Batulanteh dan Site Tepal Kecamatan Batulanteh yang dibangun melalui program merah putih Telkomsel.
“Insya allah, kami selalu berkomitmen, program pemerataan akses telekomunikasi khususnya di wilayah terpencil akan terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sumbawa dengan mengusulkan pembangunan BTS di titik-titik blank spot kepada bakti Kementerian Kominfo RI maupun program lainnya.” Tutupnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan seminar nasional dengan Boris Syaifullah, Rubi Handono, Agus Subandrio, Rachman Anshory, dan bambang Irawan sebagai Narasumber.

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar