Kunjungi Sumbawa, TIM Kemenko Polhukam Evaluasi Penanganan Covid-19

Kunjungi Sumbawa, TIM Kemenko Polhukam Evaluasi Penanganan Covid-19

26 August, 2020

Tim Kemenko Polhukam RI yang dipimpin oleh Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Pertahanan Negara, Edy Djatmiko beserta rombongan melakukan  Kunjungan Kerja di Kabupaten Sumbawa. Rabu, (26/8) bertempat di Aula H. Hasan Usaman Lantai 1 kantor Bupati Sumbawa.

 Kunjungan kerja tersebut diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Kab. Sumbawa Drs. H. Hasan Basri, MM., beserta Pimpinan DPRD Kab. Sumbawa, Forkopimda Kab. Sumbawa, dan Pimpinan OPD Kab. Sumbawa.

Adapun agenda Kunjungan Kerja tersebut dalam rangka Melaksanakan kegiatan koordinasi, pengumpulan data, dan informasi serta pemantauan terkait peran dan upaya Pemerintah Daerah/TNI/Polri dan segenap Stakeholder lainnya secara mandiri sesuai tupoksi masing-masing, dan secara komprehensif dalam mengelola sumber daya nasional dan potensi wilayah yang dimiliki guna menangani pandemi Covid-19.

Sekretaris Daerah Kab. Sumbawa dalam sambutan tertulisnya terkait penanganan pandemi Covid-19 di Kab. Sumbawa, menyapaikan bahwa saat ini pemerintah Kab. Sumbawa melalui gugus tugas penanganan Covid-19 tengah bekerja keras menekan laju penyebaran Covid-19 di Kab. Sumbawa.

Dikatakan, bahwa Pemkab Sumbawa sudah banyak melakukan langkah-langkah dalam upaya pengendalian penyebaran Covid-19 di Kab. Sumbawa. Selain menekan laju penyebaran Covid-19, Pemerintah Daerah pun menangani dampak sosial dan ekonomi yang terjadi akibat pandemi ini.

Dalam hal anggaran, Pemerintah Kab. Sumbawa juga sudah melakukan pemetaan dan penggeseran anggaran untuk menyediakan dana pencegahan dan penanggulangan wabah Covid-19, menyusul keputusan Pemerintah Pusat yang menetapkan pandemi Covid-19 ini sebagai bencana non-alam Nasional.

“Sebanyak kurang lebih 119 milyar rupiah telah kami anggarkan untuk menjalankan program pencegahan, penyediaan dukungan bagi sektor kesehatan, penanganan dampak ekonomi, dan pelaksanaan program jaring pengaman sosial bagi warga yang terdampak covid-19”. Imbuhnya

Sementara itu, Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Pertahanan Negara Kemenko Polhukam, Edy Djatmiko dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa Kemenko Polhukam juga sebagai pengarah pencegahan dan penanganan Covid-19 dan diharapkan dari hasil yang dilakukan saat ini yaitu menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan Covid-19 agar bisa ditindaklanjuti di pusat.

 Kemenko Polhukam juga menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan-kegiatan Pemerintah Daerah di NTB. “Mengenai penanganan Covid-19 tidak bisa dilakukan kepada satu instansi saja, secara komprehensif harus dilakukan ke semua dan untuk TNI/Polri agar dapat mendisiplinkan masyarakat terkait protokol kesehatan”.

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar