DISOS GELAR BIMTEK PEMUTAKHIRAN DATA PPKS

19 March, 2020

“Melalui kesempatan ini, saya berharap agar para petugas pendata ditingkat desa, selalu berkoordinasi dengan para stakeholders di masing-masing wilayah tugasnya, sehingga penanganan PPKS dapat dilaksanakan tepat sasaran, dan mampu mendukung percepatan pengentasan kemiskinan di tana’ Samawa yang kita cintai”.

Hal tersebut ditegaskan Bupati Sumbawa, melalui sambutan tertulisnya yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa, Drs. H. Hasan Basri, MM., pada Bintek Pemutakhiran Data Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) Bagi Petugas Pendata Tingkat Desa, bertempat di Aula H. Madelaoe ADT Lantai III Kantor Bupati Sumbawa, Rabu 18 Maret 2020.

Ditambahkan Bupati, bahwa sasaran atau objek dari program penyelenggaraan kesejahteraan sosial, adalah perseorangan, keluarga, kelompok dan/atau masyarakat, yang diprioritaskan kepada mereka yang memiliki kehidupan yang tidak layak secara kemanusiaan, dan memiliki kriteria masalah sosial, yakni kemiskinan, ketelantaran, kecacatan, keterpencilan, ketunaan sosial dan penyimpangan perilaku, korban bencana, korban tindakan kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi.

Pemerintah Kabupaten Sumbawa terus melakukan upaya untuk menangani PPKS, dengan harapan agar peran dan fungsi pelaku sosial dapat terus ditingkatkan, sehingga penyelenggaraan kesejahteraan sosial dapat memberikan keadilan sosial bagi masyarakat, untuk dapat hidup secara layak dan bermartabat, jelasnya.

Sementara Kepala Dinas Sosial Kab. Sumbawa, Ir. A. Yani, menyatakan bahwa, verifikasi data dilakukan untuk memastikan pendataan yang telah dilakukan sesuai dengan prosedur, dan memastikan data yang telah dikumpulkan atau dimutakhirkan sesuai dengan fakta lapangan.

Menurutnya, data atau informasi sebagai kandungan DTKS merupakan salah satu faktor pendukung utama keberhasilan pelaksanaan pembangunan kesejahteraan sosial. “Data dan informasi tersebut memerlukan updating sesuai dengan kebutuhan dan perkembangannya, sehingga menjadi lengkap, akurat dan terpercaya”, ungkap A. Yani.

Sumber: Humas dan Protokol Setda Kab. Sumbawa

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar