TINGKATKAN KEMAMPUAN PENGELOLAAN DANA KRABAT, DPMD KAB. SUMBAWA GELAR PELATIHAN PENGURUS BUMDES

TINGKATKAN KEMAMPUAN PENGELOLAAN DANA KRABAT, DPMD KAB. SUMBAWA GELAR PELATIHAN PENGURUS BUMDES

30 October, 2019

Dalam rangka meningkatkan kemampuan pengelolaan dana Kredit Sahabat (Krabat) bagi pengelola Badan Usaha Milik Desa di Kabupaten Sumbawa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumbawa menggelar Pelatihan Pengurus Bumdes Tingkat Kabupaten Sumbawa yang bertempat di Aula Hotel Cirebon, Sumbawa Besar. Kegiatan ini akan berlangsung selama 3 hari, yakni dari tanggal 28 hingga 30 Oktober 2019.

Bupati Sumbawa dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesra, Dr. H. Muhammad Ikhsan, M.Pd mengatakan Krabat merupakan program bantuan modal tanpa bunga untuk petani miskin melalui penyertaan modal kepada Badan Usaha Milik Desa dengan prinsip akses modal yang cepat, mudah dan ringan. Sasaran utama program adalah petani miskin yang tinggal di perdesaan yang tidak mempunyai modal usaha. Disampaikan, keberhasilan pelaksanaan program Krabat menjadi salah satu indikator keberhasilan Pemerintah Desa, Kecamatan dan pemerintah Daerah secara keseluruhan dalam upaya mewujudkan desa bebas rentenir dan penanggulangan kemiskinan.

Karena itu Bupati berharap para pengelola Bumdes dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik, dan berdiskusi, sharing pengalaman dan informasi serta bekerja dengan sungguh-sungguh dengan penuh integritas dan komitmen untuk bersama-sama mewujudkan tata kelola manajemen Bumdes yang berkualitas, baik dalam pengelolaan dana Krabat maupun pengelolaan Bumdes secara keseluruhan.

Sementara itu kepala DPMD Kab. Sumbawa, Varian Bintoro, S.Sos., M.Si menyebutkan tujuan digelarnya pelatihan bagi pengurus Bumdes ini adalah untuk memberikan pemahaman terkait kebijakan teknis, kebijakan anggaran, dan teknis pengelolaan keuangan, serta pembinaan dan pengawasan dalam pelaksanaan dana Krabat bagi petani miskin dalam rangka implementasi program desa bebas rentenir di Kabupaten Sumbawa.

Adapun pemateri pada kegiatan itu adalah berasal dari perangkat daerah terkait, yakni inspektur, kepala DPMD, kepala Bapenda, tim teknis manajemen dan tim pengawas eksternal. Sementara itu para peserta pelatihan merupakan pengurus Bumdes yang berasal dari 25 desa dari 8 kecamatan penerima dana Krabat tahun 2019. 

SUMBER : Siaran Pers Humas Setda Kabupaten Sumbawa

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar