• Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Sumbawa, Web Admin Diskominfotik Kantor Bupati Garuda No.1 Sumbawa Besar

GENCAR PROMOSIKAN FESTIVAL PESONA MOYO 2019, PEMKAB SUMBAWA GELAR TALKSHOW INTERAKTIF DI 3 RADIO

10 September, 2019

Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Dispopar Kabupaten Sumbawa sebagai leading sector saat ini tengah mematangkan persiapan penyelenggaraan event tahunan Festival Pesona Moyo 2019. Berbagai upaya pun dilakukan Pemerintah Kabupaten Sumbawa untuk menyukseskan penyelenggaraan kegiatan yang masuk dalam Calendar Of Event 2019 Kementerian Pariwisata RI tersebut, salah satunya dengan gencar melakukan promosi dan sosialisasi kepada masyarakat umum sebagai stakeholder utama penyelenggaraan festival ini.

Serangkaian kegiatan Festival Pesona Moyo Tahun 2019 akan dimulai pada tanggal 11 September dan berakhir pada 29 September 2019. Jadwal rangkaian kegiatan itu telah disampaikan secara terbuka pada acara talkshow interaktif dengan pokok bahasan Festival Pesona Moyo 2019 yang digelar di 3 stasiun radio, yakni Radio Global FM Lombok dan RRI Pro 1 Mataram pada jumat (6/9), serta Radio Rasesa Sumbawa pada hari ini, senin (9/9).

Kadis Popar Kab. Sumbawa Ir. H. Iskandar D.,M.Ec.Dev yang menjadi narasumber memaparkan terdapat 17 event yang masuk dalam rangkaian Festival Pesona Moyo 2019, antara lain Gebyar Pesta Jagung yang akan digelar pada Rabu pagi 11 September bertempat di Taman Mangga Sumbawa Besar, Cultural Parade pada Kamis sore 12 September di Halaman Kantor Bupati Sumbawa, Creative Dialogue pada Jum’at malam 13 September di Istana Dalam Loka, Fishing Tournament pada Sabtu pagi 14 September di Pantai Saliper Ate dan dilanjutkan dengan Welcoming Ceremony of Sail Indonesia pada malam harinya di Desa Lab. Jambu Kec. Tarano, Saka Buffalo Race di Sirkuit Sumer Payung Desa Karang Dima dan Pasar Potengan di Desa Pernek Kec. Moyo Hulu yang merupakan event baru di Fesmo 2019 akan digelar pada Minggu siang 15 September, setelah itu pada malam harinya akan digelar Opening Ceremony Festival Pesona Moyo 2019 di Halaman Kantor Bupati Sumbawa.

Selain itu, terdapat juga event Temu Usaha yang akan digelar pada Senin pagi 16 September di Aula H. Madilaoe ADT Lantai III Kantor Bupati, yang bertepatan dengan gelaran Festival Tua Kawa di Desa Batu Dulang Kec. Batu Lanteh, serta Festival Samba di Desa Plampang Kec. Plampang pada sore harinya. Selanjutnya Festival Turen Tawer digelar pada Selasa pagi 17 September di Desa Muer Kec. Plampang, Buffalo Fest pada Rabu pagi 18 September di Desa Empang Kec. Empang, Festival Teba Murin pada Kamis sore 19 September di Desa Lenangguar Kec. Lenangguar, Pemilihan Puteri Intan Bulaeng 2019 pada Kamis malam 19 September di Lapangan Pahlawan, kemudian Main Jaran yang akan diselenggarakan pada Sabtu pagi 21 September di Lapangan Kerato Angin Laut, dan dilanjutkan dengan Closing Ceremony Festival Pesona Moyo 2019 di tempat yang sama pada Minggu 29 September 2019.

Pada dialog yang berlangsung selama 1 jam tersebut, H. Iskandar juga menyebut tema yang diusung pada Festival Pesona Moyo tahun 2019 adalah “Discover Sumbawa – Find The Uniqueness”. Dijelaskan bahwa tema itu diusung karena inisiasi paling kuat dari festival ini adalah masyarakat lokal itu sendiri, yang mulai memandang bahwa pariwisata harus bermanfaat untuk menggeliatkan sektor ekonomi dan sosial mereka. “Dari inisiasi masyarakat, Pemerintah Daerah sebagai penyelenggara kemudian mengangkat hal-hal yang unik dan bernilai jual yang diharapkan dapat berperan meningkatkan kualitas ekonomi dan sosial mereka.” Ungkapnya.

“Selain itu, kekhawatiran akan menjadi penonton dirumah sendiri membuat masyarakat dan Pemerintah Daerah memiliki pikiran yang sama agar masyarakat lokal menjadi lebih berdaya, karena memang masyarakat adalah penikmat pertama dari hasil penyelenggaraan festival ini”. Tutup H. iskandar.

SUMBER : Siaran Pers Humas Setda Kabupaten Sumbawa

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar