• Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Sumbawa, Web Admin Diskominfotik Kantor Bupati Garuda No.1 Sumbawa Besar

WABUP SAMPAIKAN 4 HAL PENTING PADA UPACARA SENIN PERTAMA BULAN SEPTEMBER 2019

03 September, 2019

Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah menyampaikan 4 hal penting dalam Upacara Senin Pertama Bulan September 2019 yang digelar pada Senin pagi (2/9) di Halaman Kantor Bupati Sumbawa. Yang pertama Wabup minta kepada segenap jajaran Pemkab. Sumbawa untuk segera melaksanakan dan menuntaskan berbagai program pembangunan yang telah dianggarkan dan ditetapkan dalam APBD 2019 termasuk APBD Perubahan 2019. “Seluruh program dan kegiatan yang termuat dalam APBD 2019 harus diarahkan agar selaras dan mendukung pencapaian tema pembangunan daerah tahun 2019 yaitu : “Pemerataan pembangunan, pengembangan investasi produk unggulan serta penguatan sistem inovasi daerah menuju sumbawa hebat dan bermartabat”, ucapnya.

Hal kedua, terkait pemberitaan di media massa tentang kerusuhan dan gejolak yang terjadi di Papua, yang dipicu adanya insiden yang terkait dengan mahasiswa asal Papua di dua kawasan di Jawa Timur, yaitu Malang dan Surabaya. Wabup menyesalkan insiden tersebut, dan berharap insiden serupa, baik berupa tindakan persekusi maupun rasialisme tidak terjadi lagi terhadap masyarakat Papua di kota-kota lainnya termasuk di Kabupaten Sumbawa, sebab kekerasan dan diskriminasi bukan jati diri bangsa Indonesia.

Hal ketiga yaitu terkait maraknya kejadian kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Sumbawa. Dimana sampai tanggal 31 Agustus kemarin, terdapat 25 kejadian kebakaran hutan dan lahan yang ditangani oleh Dinas Damkar Kabupaten Sumbawa. “Hal ini seharusnya menjadi keprihatinan dan perhatian kita semua bahwa memasuki musim kemarau seperti saat ini, kebakaran hutan dan lahan terjadi di banyak tempat, yang disebabkan baik karena faktor ulah manusia yakni melakukan pembakaran untuk pembukaan lahan, maupun yang terjadi karena faktor alam,” terangnya. Wabup juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Dinas Damkar dan Satuan Pemadam Kebakaran, atas kesigapan dalam mengatasi kebakaran hutan dan lahan yang marak terjadi di Kabupaten Sumbawa.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup mengapresiasi dan mendukung penuh langkah Kapolres Sumbawa yang akan menindak tegas pelaku pembakaran hutan dan lahan di wilayah hukum Polres Sumbawa, untuk memberikan efek jera kepada para pelaku, sebab dampak yang ditimbulkan akibat kebakaran hutan dan lahan ini sangat serius, antara lain berdampak pada rusaknya ekosistem hutan, asap yang ditimbulkan akan menjadi polusi udara dan juga bisa mengganggu jarak pandang, kebakaran hutan akan menyebabkan hutan menjadi gundul sehingga tak mampu menampung cadangan air saat musim hujan, dan berkurangnya sumber air bersih karena kebakaran hutan menyebabkan hilangnya pepohonan yang dapat menampung cadangan air.

Pada akhir sambutannya, Wabup juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada putra-putri terbaik Kabupaten Sumbawa yang telah melaksanakan tugas dengan baik dan membawa harum nama Kabupaten Sumbawa sebagai anggota paskibraka Tingkat Nasional yaitu Shelly Melsyan Silva siswa SMA Negeri 2 Sumbawa Besar, serta 3 siswa lainnya yaitu Ratu Balqis Islami Tamal, Sultan Putra Wirata Ranteg, dan Nadia Nazmi Musrifah siswa-siswi SMA Negeri 1 Sumbawa Besar sebagai anggota paskibraka Tingkat Provinsi NTB.

Upacara diikuti oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa beserta Asisten Pemerintahan dan Kesra, Asisten Administrasi Umum, Pimpinan OPD beserta karyawan dan karyawati Lingkup Pemkab. Sumbawa. 

SUMBER : Siaran Pers Humas Setda Kabupaten Sumbawa

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar