• Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Sumbawa, Web Admin Diskominfotik Kantor Bupati Garuda No.1 Sumbawa Besar
KUKUHKAN PENGURUS FORIKAN, BUPATI : TERAPKAN FALSAFAH SALING GAYONG DAN SALING SATOTANG

KUKUHKAN PENGURUS FORIKAN, BUPATI : TERAPKAN FALSAFAH SALING GAYONG DAN SALING SATOTANG

23 August, 2019

Bupati Sumbawa H. M. Husni Djibril, B.Sc mengukuhkan kepengurusan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Sumbawa, Rabu pagi (21/8) di Taman Mangga Sumbawa Besar. Pada kesempatan itu juga, TP PKK Kab. Sumbawa yang bekerjasama dengan Dinas kelautan dan Perikanan Kab. Sumbawa menyelenggarakan Lomba Masak Serba Ikan yang diikuti peserta dari beberapa kecamatan.

Dalam sambutannya Bupati Sumbawa menyampaikan meskipun konsumsi ikan di Kabupaten Sumbawa tertinggi di Provinsi NTB, yakni 47,90 kg/kapita/tahun, namun Kabupaten Sumbawa masih berada di bawah rata-rata tingkat konsumsi ikan secara nasional, yakni mencapai 50,69 kg/kapita/tahun. “Fakta ini tentu ironis, di tengah meningkatnya produksi perikanan kita akhir-akhir ini, dan luasnya potensi areal budidaya yang kita miliki.” Ungkapnya. Karena itu H. Husni berharap melalui pengukuhan Forikan Kabupaten Sumbawa ini, para pengurus dapat bekerja lebih giat untuk menggerakkan partisipasi masyarakat dalam upaya peningkatan konsumsi ikan melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan), tentunya dengan tetap menjaga kebersamaan, memperkuat komitmen serta menerapkan falsafah “saling gayong” dan “saling satotang” dalam mengimplementasikan hajat dari pembentukan Forikan ini.

Sementara itu ketua TP PKK Kab. Sumbawa H. Amien Rahmani Husni Djibril yang baru saja dikukuhkan sebagai Ketua Forikan Kab. Sumbawa berdasarkan Surat Keputusan Bupati Nomor 1051 tahun 2019 dalam sambutannya menyebutkan tema kegiatan Lomba Masak Serba Ikan pada tahun 2019 ini adalah “Ragam Menu Masakan Ikan Untuk Menyehatkan Masyarakat, Mencegah Stunting Dan Mencerdaskan Anak”. Hj. Amien Rahmani berharap dengan tema ini, akan berdampak pada peningkatan kemampuan masyarakat dalam mengolah masakan berbahan dasar ikan untuk memperkaya khasanah masakan serta meningkatkan rasa dan penampilan, sehingga dapat meningkatkan selera makan masyarakat.

Sebelumnya kepala dinas kelautan dan perikanan kabupaten Sumbawa, Ir. Dirmawan dalam laporannya menyebut dari total produksi perikanan dikabupaten Sumbawa, 60% digunakan untuk konsumsi ikan masyarakat di kabupaten Sumbawa, dan 40% sisanya dikirim keluar daerah, bahkan di ekspor ke luar negeri, seperti amerika dan Filipina sejak tahun 2017. Ditambahkan, dengan konsumsi ikan masyarakat Sumbawa saat ini, Kabupaten Sumbawa harus mampu memproduksi ikan sekitar 40.000 ton per tahun.

SUMBER : Siaran Pers Humas Setda Kabupaten Sumbawa

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar