• Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Sumbawa, Web Admin Diskominfotik Kantor Bupati Garuda No.1 Sumbawa Besar
MENTERI ESDM RI RESMIKAN INFRASTRUKTUR KELISTRIKAN DI NTB DAN NTT

MENTERI ESDM RI RESMIKAN INFRASTRUKTUR KELISTRIKAN DI NTB DAN NTT

26 July, 2019

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Ignasius Jonan didampingi Gubernur NTB, Bupati Sumbawa, dan Wakil Bupati Dompu, Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM , Plt Direktur Utama PT. PLN, meresmikan infrastruktur kelistrikan di Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur, yang ditandai dengan penekanan tombol sirine dan penandatanganan prasasti, pada Kamis sore (25/7) di PLTMG Sumbawa 50 MW di Labuhan Badas.

Menteri ESDM RI Ignasius Jonan dalam sambutannya mengharapkan agar hadirnya infrastruktur kelistrikan ini akan membuat kelistrikan di NTB dan NTT akan semakin handal, sehingga pembangkit-pembangkit baru dapat meningkatkan kapasitas penyediaan listrik, selain itu, dengan beroperainya Tol Listrik Sumbawa sepanjang 461 kms membuat sistem kelistrikan Sumbawa dan Bima menjadi interkoneksi.

Dikatakan, khusus di NTB, hingga Bulan Juni 2019, rasio elektrifikasi telah mencapai 97,9 persen. Beroperasinya infrastruktur-infrastruktur kelistrikan baru ini dapat meningkatkan rasio elektrifikasi mencapai 99 persen di akhir tahun 2019. Kehadiran infrastruktur kelistrikan juga diharapkan dapat mendorong munculnya bisnis dan industri di Pulau Sumbawa. “Kita harus sepakati akhir tahun 2019 untuk NTB mencapai 99 persen. PLN terus bekerja keras, tentu dibantu Pemerintah Daerah,” ucap Jonan. Terkait hal tersebut, Menteri menghimbau kepada Gubernur dan Bupati untuk dapat mengalokasikan sebagian anggaran untuk layanan sambung gratis bagi rumah tangga kurang mampu.

Dalam kesempatan baik tersebut, Menteri menghadiahkan Politeknik Pertambangan untuk Kabupaten Sumbawa, yang diharapkan dapat bergabung atau dijadikan satu dengan UTS (Universitas Teknologi Sumbawa), agar UTS ke depan tambah besar dan menjadi institusi pendidikan yang terkenal di seluruh Indonesia.

Sementara itu, Gubernur NTB Dr. H. Zulkiflimansyah, SE.,M.Sc dalam sambutan singkatnya menyampaikan kapal besar “Jatra” yang melayani rute Surabaya—Pelabuhan Badas Sumbawa akan segera beroperasi. Kepastian ini setelah dirinya menemui Dirjen Perhubungan Laut dan Dirjen Perhubungan Darat di Jakarta untuk penyelesaian ijin track kapal tersebut. “Insyaa Allah 17 Agustus nanti akan berlayar dari Surabaya ke Badas,” ucap Gubernur.

Untuk menyambut kehadiran Jatra, Gubernur berharap Pelabuhan Badas Sumbawa ditata lebih baik dan seksi sehingga nanti mobilitas manusia dan barang cukup besar.
Untuk diketahui, selain menemui Dirjen Perhubungan Laut dan Dirjen Perhubungan Darat, sebelumnya orang nomor satu di NTB ini bersilaturrahim dengan Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Ira Puspadewi di Kantor ASDP Jakarta, Rabu (24/7/2019). Dalam pertemuan itu, Gubernur diberikan kapal besar dari Surabaya langsung ke Pelabuhan Badas, Kabupaten Sumbawa. Kapal Jatra ini sama dengan Kapal Legundi yang sudah melayani rute Surabaya langsung ke Pelabuhan Lembar, Lombok.

Sebelumnya, Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana melaporkan kegiatan ini merupakan wujud nyata dari PLN untuk mempercepat penyediaan infrastruktur yang handal dan berkesinambungan dengan harga terjangkau. Adapun proyek kelistrikan yang diresmikan di Wilayah NTB adalah PLTMG Sumbawa 50 MV, PLTMG Bima 50 MV, GI (Gardu Induk) 150 KV Empang 20 MVA, GI 70 KV/150 KV Dompu Extention 60 MVA, GI 70 KV Bima extention 30 MVA, dan GI 70 kKV Bonto Extention, dan Tol Listrik Sumbawa yaitu SUTT 150 KV GI Taliwang - PLTU Sumbawa Barat, SUTT 150 KV PLTMG Sumbawa - GI Labuhan, SUTT 150 KV Labuhan – Empang, SUTT 150 KV Empang – Dompu. Sementara proyek kelistrikan di NTT yang diresmikan adalah PLTM (Pembangkit Listrik Tenaga Matahari) Maumere 40 MV, PLTS Maumere Ropa Ende 2x1 MWp, dan PLTMH (Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro) Sita – Borong 2x500 KW.

PT. PLN melalui program PLN Peduli memberikan bantuan sambungan listrik gratis masing-masing kepada 1.000 rumah tangga tidak mampu. Pemerintah Provinsi NTB juga memberikan hibah berupa sambungan listrik gratis kepada 950 rumah tangga tidak mampu.

Dalam acara tersebut juga diputarkan video profile proyek kelistrikan di NTB dan NTT. Kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan secara langsung proyek PLTMG 50 Sumbawa, dan peninjauan dan penyalaan listrik gratis pada rumah warga di Dusun Kanar Desa Labuhan Badas oleh Menteri ESDM. 

SUMBER : Siaran Pers Humas Setda Kabupaten Sumbawa

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar