• Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Sumbawa, Web Admin Diskominfotik Kantor Bupati Garuda No.1 Sumbawa Besar
PERPUSTAKAAN NASIONAL RI GELAR SOSIALISASI PEMBUDAYAAN KEGEMARAN MEMBACA

PERPUSTAKAAN NASIONAL RI GELAR SOSIALISASI PEMBUDAYAAN KEGEMARAN MEMBACA

25 June, 2019

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia menggelar sosialisasi pembudayaan kegemaran membaca bagi guru/pengelola PAUD dan perpustakaan sekolah, pegiat perpustakaan, taman bacaan masyarakat dan komunitas, pemerhati perpustakaan dan budaya baca, pengelola berbagai jenis perpustakaan, PKK, karang taruna, dan media cetak/elektronik, pada Selasa pagi (25/6) di Halaman Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sumbawa.

Bupati Sumbawa dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum Sekda Kab. Sumbawa H. Sudirman, S.Pd menyatakan bahwa salah satu cara untuk menumbuhkan minat baca yaitu dengan memanfaatkan keberadaan perpustakaan semaksimal mungkin. Perpustakaan daerah memiliki program “Perpuseru” yaitu program yang diselenggarakan dalam rangka membantu mengembangkan perpustakaan umum menjadi pusat belajar masyarakat, termasuk diantaranya melakukan kegiatan pemberdayaan bagi kaum perempuan, remaja, dan wirausaha. Sehingga, masyarakat memiliki kesempatan untuk dapat mengakses pengetahuan sekaligus pembelajaran dan kreativitas melalui perpustakaan.

Dikatakan, karakter dan kepribadian seseorang sangat ditentukan oleh seberapa banyak informasi yang diterima, salah satunya adalah buku sebagai sumber informasi. “Dengan membaca kita akan mendapat banyak panduan dalam arti pengetahuan, keterampilan, juga etika dan estetika, yang tentu akan melengkapi sosok seorang manusia, sosok sebuah masyarakat maupun bangsa,” ucapnya.

Bupati mengajak seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Sumbawa untuk memanfaatkan keberadaan perpustakaan semaksimal mungkin sebagai tempat untuk menambah wawasan dan juga pengembangan diri.

Dalam sambutan Kepala Perpustakaan RI yang disampaikan oleh Deputi II Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Dra. Woro Titi Hariyati, M.Si menyampaikan Implementasi program revolusi mental menuju Indonesia cerdas 2024, merupakan salah satu peran perpustakaan dalam melaksanakan UUD 1945, yaitu turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa. Sosialisasi 
pembudayaan kegemaran membaca sebagai bentuk perwujudan eksistensi dan peran perpustakaan sebagai institusi penyedia bahan-bahan bacaan dan peningkatan kegemaran membaca pada masyarakat melalui keluarga, sekolah dan pemerintah sebagai bentuk perwujudan pembangunan manusia Indonesia menuju Indonesia sejahtera.

Kepala Perpustakaan RI mengajak seluruh masyarakat untuk menjadikan perpustakaan sebagai tempat beraktivitas agar anak-anak, ibu-ibu, para lansia, dapat melakukan berbagai macam aktivitas di perpustakaan dengan nyaman contohnya dengan menyediakan fasilitas wifi gratis bagi pengunjung, dan melakukan kegiatan memasak bersama, dan berbagai kegiatan menarik lainnya guna menarik perhatian masyarakat untuk berkunjung dan memanfaatkan informasi yang tersedia di perpustakaan, serta dapat mengimplementasikan apa yang sudah dibaca untuk berkreasi dan berinovasi sehingga dapat memberikan kemaslahatan kepada masyarakat. Mengingat peran strategis orang tua/keluarga, sekolah dan masyarakat dalam menumbuhkan minat baca sejal dini, diharapkan seluruh stakeholder dapat berperan dalam pembudayaan gemar membaca.

Sebelumnya Pelaksana Tugas Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Sumbawa Sulaiman, S.Sos melaporkan tujuan kegiatan selain untuk memasyarakatkan dan mempromosikan pentingnya perpustakaan dalam membangun kompetensi dan produktivitas serta kreativitas masyarakat, memotivasi masyarakat untuk membiasakan membaca buku bacaan atau media informasi lainnya untuk membuka wawasan dan keterampilan diri dalam menopang kehidupan sehari-hari, juga untuk meningkatkan kesadaran orang tua/keluarga, guru/kepala sekolah dan masyarakat mengenai peran dan tanggung jawab mereka dalam mengarahkan minat dan kegemaran membaca bagi anak-anak, serta menggalakkan gerakan membaca sacara nasional melalui pemberdayaan perpustakaan berbasisi inklusi social baik di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.
Dalam kesempatan tersebut, Perpustakaan Nasional RI dan Pemkab. Sumbawa saling menukar plakat.

SUMBER : Siaran Pers Humas Setda Kabupaten Sumbawa

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar