SUMBAWA KEMBALI RAIH WTP YANG KE TUJUH

SUMBAWA KEMBALI RAIH WTP YANG KE TUJUH

27 May, 2019

Untuk yang ke-7 kalinya secara berturut turut, Kabupaten Sumbawa kembali berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2018. Hasil pemeriksaan dengan opini WTP tersebut diserahkan oleh Ketua BPK RI Perwakilan NTB, Hery Purwanto kepada Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah di Kantor BPK Perwakilan Provinsi NTB Jalan Udayana Mataram, Senin 27 Mei 2019.
Melalui pemberian opini WTP ini, Kabupaten Sumbawa dinilai berhasil melaksanakan tata kelola keuangan daerah yang transparan dan akuntabel. Beberapa syarat yang telah dicapai Pemerintah Kabupaten Sumbawa untuk memenuhi Opini WTP tersebut, antara lain meliputi Penyusunan Laporan Keuangan sesuai Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), pengelolaan asset yang tertib dan baik, pengelolaan kas secara transparan, sistem pengendalian intern yang memadai dan penyampaian laporan keuangan kepada BPK RI secara tepat waktu. Hal lain yang patut dibanggakan bahwa daerah yang mendapatkan WTP, kerap menjadi objek percontohan bagi daerah lainnya.
Dengan perolehan WTP ini, pemerintah pusat nantinya akan memberikan penghargaan berupa pemberian dana insentif daerah yang besarannya ditentukan oleh capaian indikator yang ditetapkan BPK RI.

SUMBER : Siaran Pers Humas Setda Kabupaten Sumbawa

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar