• Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Sumbawa, Web Admin Diskominfotik Kantor Bupati Garuda No.1 Sumbawa Besar
Kapal Cepat KM Lombook Ekspress Rute Pelabuhan Badas, Pulau Moyo, dan Pulau Medang Resmi Beroperasi

Kapal Cepat KM Lombook Ekspress Rute Pelabuhan Badas, Pulau Moyo, dan Pulau Medang Resmi Beroperasi

02 May, 2019

Kapal Cepat KM Lombok Ekspress rute Pelabuhan Badas, Pulau Moyo dan Pulau Medang resmi beroperasi, hal tersebut ditandai dengan pemecahan kendi di lambung kapal yang dilakukan oleh oleh Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah SE., M.Sc, didampingi Bupati Sumbawa, H.M. Husni Djibril B.Sc Rabu (1/5) di Pelabuhan Badas. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dandim 1607, sejumlah kepala OPD Provinsi dan Kabupaten, Pimpinan BUMN dan BUMD, Camat Labuhan Badas, Toga, Toma, Organisasi Pemuda, dan Organisasi Kemasyarakatan.

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah SE., M.Sc, dalam sambutan singkatnya mengatakan, bahwa untuk menghadirkan kesejahteraan, kemakmuran dan pembangunan hanya membutuhkan rumus yang sederhana, yakni menyediakan mobilitas masyarakat yang baik, yaitu dengan menyediakan jalan yang bagus serta tersedianya tranportasi, maka pembangunan yang memakmurkan masyarakat akan hadir dengan sendirinya. Dengan adanya kapal cepat diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Disampaikan, banyaknya jumlah pelayaran tergantung dari aktivitas ekonominya. Karena itu Pemprov NTB akan memberikan subsidi terkait keberdaan kapal cepat ini. Gubernur NTB juga berharap agar Pemda Sumbawa juga memberikan subsidi untuk keberadaan kapal kedua dan ketiga, sehingga transportasi laut menjadi lancar dan dengan adanya kapal cepat ini, Pulau Moyo maupun Pulau Medang akan menjadi destinasi wisata di NTB khusunya di Kabupaten Sumbawa.

Sebelumnya Bupati Sumbawa, H.M. Husni Djibril, B.Sc dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak perusahaan dan instansi terkait atas beroperasinya kapal cepat rute Pelabuhan badas, Pulau Medang dan Pulau Moyo yang bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam menggunakan alat transportasi laut untuk menjalankan kegiatan bisnis/ekonomi dan kemasyarakatan.

Disampaikan, keberadaan kapal cepat ini merupakan salah satu janji Bupati kepada warga Pulau Moyo dan Pulau Medang saat mencalonkan diri menjadi Bupati Sumbawa beberapa tahun lalu. Yaitu menghadirkan kapal untuk melayani kepentingan transportasi laut masyarakat setempat. Selain itu membangun dermaga di pulau yang menjadi bagian dari wilayah administratif Kecamatan Badas ini.

Sementara itu, Wakil Owner PT Surya Samudra Jaya Perkasa, Widodo, menyampaikan bahwa kapal cepat KM Lombok Ekspress ini berkapsitas 80 orang penumpang, dengan fasilitas ruangan menggunakan AC. Kemudian untuk waktu tempuh rute dari Badas ke Pulau Moyo sekitar 40 menit, dan untuk rute Badas ke Pulau Medang memakan waktu selama 20 menit. Selanjutnya untuk harga, rute Badas ke Pulau Moyo kisaran 75 ribu, dan rute Badas ke Pulau Medang kisaran 50 ribu yang merupakan tarif subsidi. 

SUMBER : Siaran Pers Humas Setda Kabupaten Sumbawa

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar