• Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Sumbawa, Web Admin Diskominfotik Kantor Bupati Garuda No.1 Sumbawa Besar
Gubernur NTB Letakkan Batu Pertama Bendungan Beringin Sila

Gubernur NTB Letakkan Batu Pertama Bendungan Beringin Sila

21 January, 2019

Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr. H. Zulkiflimansyah, SE.,M.Sc M.Sc meletakkan batu pertama pembangunan Bendungan Beringin Sila pada Senin siang (21/1/2019) di area Bendungan Beringin Sila Kecamatan Utan Kabupaten Sumbawa. Acara yang diawali dengan Tarian Kemas Cindai tersebut turut dihadiri oleh Staf Ahli Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia, Bupati Sumbawa beserta Ketua TP. PKK Kabupaten Sumbawa, Pimpinan DPRD Kab. Sumbawa, Anggota Forkopimda Kab. Sumbawa, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kab. Sumbawa, Kepala Dinas PU-PR Provinsi NTB, Kepala BWS NT 1 beserta jajaran, Kepala Biro Umum Setda Prov. NTB, rombongan Kejati NTB, Pimpinan OPD Kab. Sumbawa,  Pimpinan BUMN/BUMD, para Camat beserta Ketua TP. PKK Kecamatan, unsur Muspika Kec. Utan, Toga dan Toma.

Dalam sambutannya Gubernur menyampaikan bahwa proyek pembangunan Beringin Sila yang semula dianggap mustahil, dapat menjadi kenyataan merupakan buah manis dan kerjasama kekompakan berbagai pihak, yang telah begitu gigih memperjuangkan proyek ini.

Gubernur mengingatkan bahwa semestinya di skala daerah, BUMN dapat melibatkan dan tidak boleh melupakan pengusaha-pengusaha lokal. “Jangan sampai keberlimpahan hadir di tengah-tengah kita, tapi masyarakat lokal tidak diikut sertakan dan tetap sunyi dengan kemiskinannya, jangan sampai masyarakat Utan, Buer, Rhee, Alas dan Kecamatan lain hanya jadi penonton, kalau masyarakat kita sendiri terlibat dan melaksanakan, InsyaaAllah semua kegiatan akan berjalan dengan lancar, ” ucap Gubernur.

Terkait hal tersebut, Gubernur menyampaikan menjadi tugas Pemerintah Daerah, Provinsi adalah berbicara dan berkoordinasi kepada para pengelola dan pekerja tentang apa yang harus dilakukan pemerintah daerah, salah satunya dengan melatih pekerja secara professional, dengan mengasah potensi, dan berkoordinasi dan memfasilitasi dengan para pengusaha.

Sementara itu, Bupati Sumbawa H.M. Husni Djibril, B.Sc menyampaikan bahwa Bendungan Beringin Sila telah menjadi salah satu prioritas pemerintah karena Kabupaten Sumbawa merupakan penyokong utama Provinsi NTB sebagai lumbung pangan nasional. Selain itu, Sumbawa mempunyai potensi air yang cukup banyak, dan air tersebut terbuang ke laut sampai 60 persen.

Bupati berharap, pembangunan bendungan beringin sila ini mendapat dukungan penuh dari masyarakat Sumbawa khususnya di Kecamatan Utan sehingga pelaksanaannya dapat berjalan lancar sesuai harapan bersama. Mengingat keberadaan bendungan Beringin Sila nantinya akan memberi manfaat yang sangat besar bagi masyarakat Sumbawa, Bupati mengajak seluruh warga masyarakat untuk bersama-sama mengawal agar pembangunan Bendungan Beringin Sila dapat berjalan dengan lancar, demi kepentingan bersama baik pemerintah maupun masyarakat.

Sebelumnya Kepala Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara I Ir. Asdin Julaidy, MM.,MT melaporkan bahwa bahwa manfaat Bendungan Beringin Sila untuk mengairi 3.500 Ha lahan persawahan yang khusus area yang ditanami padi, dan akan dijadikan tempat wisata alam daerah bendungan dengan membangun spot pariwisata, dan untuk pemeliharaan ikan di bendungan.

Kepala BWS minta kepada seluruh masyarakat Utan tetap menjaga daerah penyangga dan kelestarian keberadaan hutan yang berada di hulu bendungan agar tidak terjadi longsoran, sehingga pengerjaan proyek Bendungan Beringin Sila dapat berjalan dengan lancar, dan kondisi bendungan tetap dalam keadaan baik, dan lebih awal mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak memelihara ikan dengan sistem keramba, karena dikhawatikan pakan ikan 75 persen akan jatuh mengendap di dasar air, dan lama kelamaan air bendungan akan terkontaminasi sehingga berbahaya untuk dikonsumsi. Ke depan BWS merencanakan akan melepas ikan secara alami sehingga seluruh masyarakat dapat menangkap ikan secara alami.

Ground breaking ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Gubernur NTB didampingi oleh Gubernur NTB, dan dilanjutkan dengan menyaksikan bersama proses penggalian titik koordinat AS bendung oleh Gubernur NTB, Staf Ahli Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia, Bupati Sumbawa beserta tamu undangan lainnya, dan dilanjutkan dengan santap siang bersama di lokasi acara. (Humas/kd)

Sumber : Siaran Pers Humas Setda Kabupaten Sumbawa

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar