• Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Sumbawa, Web Admin Diskominfotik Kantor Bupati Garuda No.1 Sumbawa Besar
Anggota DWP Se-Kabupaten Sumbawa Ikuti Sosialisasi Keselamatan Berlalu Lintas

Anggota DWP Se-Kabupaten Sumbawa Ikuti Sosialisasi Keselamatan Berlalu Lintas

28 December, 2018

Sumbawa Besar, Kominfotik. Sosialisasi keselamatan berlalu lintas yang digelar oleh Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan NTB, bekerjasama dengan Kiat (Kemitraan Indonesia Australia untuk Infrastruktur) NTB kembali menyasar anggota Dharma Wanita Persatuan se-Kabupaten Sumbawa pada Jum’at pagi (28/12) di Aula Sekretariat TP. PKK Kabupaten Sumbawa.

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua DWP Persatuan Kabupaten Sumbawa, Kepala Bidang Perhubungan Darat Dinas Perhubungan Provinsi NTB, pejabat yang mewakili Kapolres Sumbawa, Kepala Cabang PT. Jasa Raharja (Persero), para Narasumber, dan anggota DWP Persatuan se-Kabupaten Sumbawa.

Kepala Bidang Perhubungan Darat Dinas Perhubungan Provinsi NTB Asep Supriatna menyampaikan bahwa berbagai upaya telah dilakukan untuk mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas, salah satunya dengan sosialisasi mulai dari tingkat SD, SMP, SMA.

Juga dengan membagikan seribu buah buku Khutbah Jum’at ke Masjid-Masjid di seluruh wilayah NTB. Dijelaskan  pada Tahun 2018 ini, sosialisasi keselamatan berlalu lintas dikhususkan bagi perempuan pengendara, dengan harapan agar peran perempuan sebagai agen keselamatan, dapat menyebarluaskan informasi yang diperolah kepada anak-anak, suami, para tetangga, keluarga, dan masyarakat.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan efek luar biasa, sehingga tingkat kedisiplinan berkendara dapat meningkat, karena yang di sasar adalah anak-anak, mengingat data terakhir nasional menyebutkan bahwa usia 13 sampai dengan 30 tahun merupakan rentang usia terbanyak pelaku kecelakaan lalu lintas di Indonesia.

Adapun target yang ingin dicapai agar di seluruh wilayah NTB tingkat kecelakaan dan totalitas kecelakaan dapat menurun.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Jalan FLLAJ NTB Fera Fitri Salsabila, ST.,MT menjelaskan tentang 3 goals dari GESI-KIAT (Gender Equality and Social Inclusion) yaitu agar infrastruktur terbangun dapat dinikmati oleh setiap kalangan, termasuk penyandang disabilitas, untuk menekan angka kecelakaan salah satunya melalui sosialisasi, dan sebagai riset aksi, untuk mengetahui apakah infrastruktur yang ada di NTB sudah aksebilitas untuk anak-anak, perempuan, penyandang disabilitas, lansia, dan laki-laki.

Sosialisasi di Kabupaten Sumbawa merupakan kali ketiga dilaksanakannya sosialisasi, sebelumnya di Majelis Ta’lim Kediri Lombok Barat, kemudian di IWAPI NTB. Lebih lanjut dijelaskan, FLLAJ NTB saat ini sudah membangun Pusat Rujukan Nasional, ke depan seluruh kabupaten/kota se-Indonesia dapat belajar ke FLLAJ NTB.

Dalam acara tersebut dilakukan evaluasi kegiatan berupa penilaian terkait materi, penyaji, durasi dan logistik, juga diberikan hadiah berupa helm dan buku Khutbah Jum’at tematik keselamatan  kepada 2 orang yang berhasil menjawab pertanyaan dari narasumber. (ra/mckabsumbawa)

Sumber : Siaran Pers Humas Setda Kabupaten Sumbawa

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar