• Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Sumbawa, Web Admin Diskominfotik Kantor Bupati Garuda No.1 Sumbawa Besar
Flashback Kegiatan Kecamatan Sumbawa Ikuti Penilaian Tingkat Provinsi NTB

Flashback Kegiatan Kecamatan Sumbawa Ikuti Penilaian Tingkat Provinsi NTB

19 December, 2018

Sumbawa Besar, Kominfotik. Flashback kegiatan Kecamatan Sumbawa mengikuti penilaian tingkat Provinsi pada Sabtu 1 Desember 2018 yang lalu, bertempat di Puskesmas Unit 2 Brangbiji Kecamatan Sumbawa, menjadi hari bersejarah, dimana Tim Penilai dari Provinsi turun untuk melakukan penilaian terhadap aktivitas TP. PKK Kecamatan Sumbawa berkaitan dengan di tetapkannya Kecamatan Sumbawa berhasil mewakili Kabupaten Sumbawa dalam lomba pelaksanaan Iva – test terbaik Provinsi NTB.

Lomba yang dilakukan sebagai bagian dalam menilai perilaku masyarakat akan prinsip hidup bersih dan sehat, khusus masyarakat yang berstatus PUS dan WUS tersebut dihadiri oleh Pimpinan OPD, Ketua TP. PKK Kabupaten Sumbawa, Camat beserta unsur Forkopimca Kecamatan Sumbawa, Ketua TP. PKK Kecamatan Sumbawa, Lurah, KUPT, Toga, Toma, pada hari Rabu (19/12/2018) bertempat di Halaman Puskesmas Unit 2 Brang Biji Kecamatan Sumbawa.

Ketua TP. PKK Kabupaten Sumbawa Hj. Amien Rahmani Husni Djibril dalam sambutan penerimaannya menyampaikan bahwa pelaksanaan lomba yang di ikuti beberapa kecamatan dalam wilayah Kabupaten Sumbawa tersebut menunjukan adanya trend posisitif dalam menilai sikap proaktif masyarakat dalam berpola hidup sehat untuk meraih kesejahtreaan.

Hal ini sangat menggembirakan, mengingat bentuk konstribusi masyarakat dalam merubah pola pikir dan pola sikap sangat diperlukan, sebagai bentuk mewujudkan Kabupaten Sumbawa yang hebat dan bermartabat.

Menyangkut lomba Iva–test yang merupakan hal baru dalam dunia kesehatan, Hj. Amien sangat mengapreasi, mengingat sejak Ibu negara Hj. Iriana Joko Widodo mencanangkan peringatan Hari Kartini pada tanggal 21 April 2015, yang mengajak seluruh pasangan usia subur dan wanita usia subur untuk melakukan Iva–test, agar lebih dini mengetahui ada tidaknya gejala Kanker Leher Rahim, karena bentuk penyakit ini sangat mematikan,

Sehingga dibutuhkan langkah mudah dan tidak membutuhkan biaya melalui metode iva-test yang dapat di lakukan di seluruh Puskesmas, Pustu atau Polindes. Hj. Amien berharap agar lomba ini dapat dijadikan barometer bagi Kecamatan Sumbawa dalam mensosialisasikan secara terus menerus tentang pentingnya PUS dan WUS melakukan deteksi dini kanker leher rahim melalui metode iva-test dan kanker payudara melalui metode CBE, agar kedepannya masyarakat  Sumbawa semakin sehat dan sejahtera.

Sementara itu, Suprihatin selaku Ketua Tim Penilai yang beranggotakan 15 orang sangat mengapresiasi kinerja Tim Penggerak PKK Kecamatan Sumbawa, yang menjadi motor penggerak dalam masyarakat metode iva-test sebagai metode yang paling mudah dan murah dalam mengajak masyarakat Kecamatan Sumbawa yang berstatus PUS dan WUS untuk secara sukarela dan kesadaran sendiri mau melakukan pemeriksaan sebagai bentuk pencegahan dini terhadap gejala kanker leher rahim.

15 anggota tim tersebut melakukan penilaian di sejumlah tempat, yaitu di Kecamatan Empang berkaitan dengan Lomba Tertib Administrasi PKK, Kecamatan Unter Iwes dalam Lomba Pola Asuh Anak dan Remaja, dan khusus untuk Kecamatan sumbawa ada 3 lomba yang di ikuti yaitu Lomba Iva-Tes (Inspeksi Asam Asetat) yang berlokasi di Puskesmas Unit 2 Brang Biji, Lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) yang berlokasi di Kelurahan Uma Sima, Lomba Lingkungan Hidup Bersih Dan Sehat ( LHBS ) yang berlokasi di Kelurahan Samapuin.

Apresiasi juga disampaikan kepada Ketua TP. PKK Kabupaten Sumbawa yang terus mengkampanyekan pentingnya iva–test di kalangan masyarakat, dan berharap semoga Kabupaten Sumbawa dapat meraih predikat sebagai kawasan bebas kanker serviks dan kanker payudara. (ra/mckabsumbawa)

Sumber : Siaran Pers Humas Setda Kabupaten Sumbawa

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar