• Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Sumbawa, Web Admin Diskominfotik Kantor Bupati Garuda No.1 Sumbawa Besar
Guru-Guru SD Sumbawa Ukir Prestasi Gemilang Pada Lomba Inovasi Pembelajaran Provinsi NTB

Guru-Guru SD Sumbawa Ukir Prestasi Gemilang Pada Lomba Inovasi Pembelajaran Provinsi NTB

18 December, 2018

Mataram, Kominfotik. Guru-guru Sekolah Dasar dari Kabupaten Sumbawa berhasil menjuarai Lomba Inovasi Pembelajaran Tingkat Provinsi NTB yang diumumkan pada kegiatan Temu INOVASI 2018 di Mataram, Selasa (18/12) yang mengangkat tema “Akselerasi Mutu Pendidikan Menuju Nusa Tenggara Barat yang Gemilang, Solusi Lokal untuk Inovasi Pembelajaran”

Pada kegiatan ini, guru-guru dari Kabupaten Sumbawa menjuarai dua kategori dari tiga kategori yang dilombakan, yaitu kategori Literasi dan Inklusi. Rohana, S.Pd.SD, Guru SDN Pangenyar Moyo Hilir, menyabet Juara I pada kategori Literasi, dan Rostiawati, S.Pd.SD, Guru SDN 5 Utan meraih Juara II pada kategori yang sama. Sementara Hadiatollah, S.Pd.SD, Guru SDN 3 Lape meraih Juara I pada kategori Inklusi.

Para pemenang lomba adalah guru-guru yang berhasil menciptakan inovasi dalam media pembelajaran dan metode pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa. Rohana S.Pd.SD, dengan inovasi pembelajaran Kartu Kata berupaya meningkatkan kemampuan membaca peserta didiknya di SDN Pangenyar Moyo Hilir, sedangkan Rostiawati, S.Pd.SD mengenalkan huruf dengan cara bermain Kartu Huruf di SDN 5 Utan.

Adapun Hadiatollah, S.Pd.SD menggunakan inovasi pembelajaran GEMA (Geser Maju Mundur Angka) untuk mengajarkan materi pembelajaran matematika khususnya materi penjumlahan dan pengurangan bagi siswa ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) jenis tuna rungu di SDN 3 Lape.

Pada forum Temu INOVASI 2018, guru-guru pemenang lomba berkesempatan menjadi narasumber acara talk show bertajuk "Guru Inspiratif dalam Meningkatkan Mutu Literasi, Numerasi, Inklusi dan Menanggulangi Bencana".

Guru-guru tersebut juga menerima hadiah berupa uang pembinaan dan piagam penghargaan dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebuayaan Provinsi NTB.

Temu INOVASI 2018 merupakan kegiatan dari program INOVASI (Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia) yakni program kemitraan antara Pemerintah Australia dan Indonesia di bidang peningkatan mutu pendidikan jenjang pendidikan dasar.

Temu INOVASI 2018 dihajatkan untuk mempertemukan para pemangku kepentingan termasuk perwakilan lembaga pemerintah dan sekolah untuk memamerkan berbagai praktik baik, kisah inspiratif, serta upaya untuk mengatasi tantangan pembelajaran dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Gubernur NTB ini juga dihadiri pejabat Kemendikbud RI, perwakilan DFAT Kedutaan Australia, perwakilan Kantor INOVASI Jakarta dan NTB, pejabat lingkup Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-NTB, serta perwakilan Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah se-NTB. (ra/mckabsumbawa)

Sumber : Siaran Pers Humas Setda Kabupaten Sumbawa

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar