• Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Sumbawa, Web Admin Diskominfotik Kantor Bupati Garuda No.1 Sumbawa Besar
Diskominfotik Sumbawa Gelar Bimtek Integrasi Aplikasi MANTRA

Diskominfotik Sumbawa Gelar Bimtek Integrasi Aplikasi MANTRA

10 December, 2018

Sumbawa Besar, Kominfotik. Dalam rangka mengintegrasikan beberapa sistem informasi yang berbeda platform, aplikasi dan database, Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Sumbawa menggelar Bimbingan Teknis Aplikasi MANTRA (MANajemen integrasi dan perTukaRAn data), yang dibuka pada hari Senin (10/12/2018) bertempat di Ruang Rapat Sekda Sumbawa.

Sekda Sumbawa yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda DR. H. Muhammad Ikhsan, M.Pd mengatakan bahwa Aplikasi MANTRA bermanfaat untuk menjembatani pertukaran data antar instansi pemerintah meskipun berbeda Database, Aplikasi maupun Sistem Operasinya. Aplikasi MANTRA dapat difungsikan sebagai GSB (Government Service Bus) dan Web-API (Application Programming Interface).

“GSB merupakan suatu sistem yang mengelola integrasi informasi dan pertukaran data antar instansi pemerintah. GSB mampu mensinergikan informasi dari beberapa Web-API (Application Programming Interface). Web-API dapat dipandang sebagai media Interoperabilitas Sistem Informasi”, ujar Asisten.

Sebelum membuka kegiatan, Asisten berharap agar pelaksanaan bimtek dapat berjalan dengan lancar serta peserta bimtek dapat dengan serius mengikuti kegiatan dengan harapan akan mampu mengaplikasikan hasil dari bimtek tersebut di tempat tugas masing-masing.

Sebelumnya, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Sumbawa melaporkan bahwa tujuan agar para pengelola data elektronik masing-masing perangkat daerah mampu mengintegrasikan data pada aplikasi yang dimiliki, baik integrasi data pada aplikasi internal Perangkat Daerah (OPD), aplikasi pada pusat data pemerintah daerah, maupun aplikasi-aplikasi  lainnya yang membutuhkan data.

Selain itu juga, lanjut Kadis adalah dalam rangka meningkatkan pemahaman tentang implementasi web service pada setiap aplikasi yang dimiliki. Adapun Peserta yang mengikuti Bimtek antara lain dari Setda, Bappeda, BPKAD, Bappenda, BKPP, Disdukcapil, Dinas Dikbud, Dikes, RSUD, Disnak Keswan, Disos, DPMPTSP, Dispopar dan Dispussip Kabupaten Sumbawa.

Dalam Bimtek Aplikasi yang dikembangkan oleh Direktorat e-Government Kementerian Komunikasi dan Informatika ini, Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Sumbawa menghadirkan tenaga ahli Aplikasi MANTRA dari Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Seusai pembukaan, Kepala Bidang Teknologi Informatika Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Sumbawa Ir. Baiq Rahmi Iryana didampingi Kepala Seksi Aplikasi dan Tata Kelola e-Government Apriadi Kusuma, S.TP, menjelaskan kepada media bahwa Bimtek akan dilaksanakan selama 2 (hari) sampai dengan Selasa (11/12/2018)

Selanjutnya, Baiq menjelaskan bahwa pada hari pertama akan dilaksanakan persiapan server dan jaringan, instalasi SiMANTRA, instalasi beberapa contoh database, sedangkan di hari kedua akan diisi dengan materi pengenalan konsep aplikasi SiMANTRA sebagai sistem penghubung layanan pemerintah, praktik Penggunaan aplikasi simantra dan praktik implementasi API SiMANTRA di coding aplikasi. (ra/mckabsumbawa)

 

 

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar