• Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Sumbawa, Web Admin Diskominfotik Kantor Bupati Garuda No.1 Sumbawa Besar
Wabup : Dengan Semangat Tolong-Menolong Masyarakat Mampu Mengatasi Berbagai Permasalahan

Wabup : Dengan Semangat Tolong-Menolong Masyarakat Mampu Mengatasi Berbagai Permasalahan

04 September, 2018

Sumbawa Besar, InfoPublik. Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) yang kita laksanakan sebagai gerakan nasional, merupakan hari-hari yang istimewa bagi seluruh rakyat Indonesia. Kegiatan tersebut menyiratkan pesan penting tentang semangat kebersamaan, semangat tolong-menolong masyarakat dalam mengatasi berbagai permasalahan, semangat persatuan serta semangat untuk menumbuhkan lebih luas lagi kearifan-kearifan lokal, yang bernuansa gotong - royong dan pemberdayaan di tengah-tengah masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah pada Penutupan BBGRM tahun 2018 yang ditandai dengan pemukulan gong, pada Selasa (4/9) di Lapangan Desa Sebewe Kecamatan Moyo Utara.

Wakil Bupati menyampaikan, bahwa pelaksanaan bulan bhakti gotong royong masyarakat merupakan salah satu upaya untuk terus menggelorakan peran aktif masyarakat dalam pembangunan.

Menyegarkan kembali pemahaman masyarakat bahwa perjalanan hidup bangsa, secara konsisten menunjukkan arah perkembangan yang harus semakin membaik. Perkembangan yang berkemajuan dalam semua bidang, baik bidang politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan maupun kehidupan keagamaan.

Dijelaskan, secara sosiokultural, di dalam masyarakat senantiasa berkembang semangat kegotong-royongan dan keswadayaan yang berbasis pada nilai-nilai sosial budaya masyarakat lokal, yang mengakar dan berkembang dalam kehidupan masyarakat.

Dikatakan Wabup, masyarakat diharapkan saling mendukung dan saling membantu di antara sesama. Nilai-nilai kearifan sosial budaya dalam aspek kegotong-royongan dan keswadayaan  patut dijaga, dipelihara dan dikembangkan. Sehingga menjadi potensi efektif bagi pembangunan masyarakat dan bangsa dalam rangka mewujudkan keharmonisan kehidupan bersama, sebagai sesama warga masyarakat dan bangsa Indonesia.

Sementara itu, Kepala DPMD Kab. Sumbawa Dr. M. Ikhsan Safitri, dalam laporan singkatnya menyatakan, bahwa kegiatan BBGRM walaupun telah berakhir, namun diharapkan kegiatan gotong royong tetap berjalan dibulan-bulan selanjutnya.

Dikatakan, kegiatan BBGRM tahun 2018 diwarnai dengan rasa penuh duka dengan adanya kejadian bencana gempa dan kebakaran di beberapa wilayah dikabupaten Sumbawa.

Dalam suasana tersebut, dibutuhkan spirit gotong royong serta kepedulian semua pihak. Dilaporkan, telah banyak kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan selama berlangsungnya Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat. Misalnya dalam bidang kemasyarakatan, telah dilaksanakan penyuluhan tentang pembayaran pajak dan penyuluhan penegakan keamanan dan ketertiban serta gotong royong.  

Dalam bidang ekonomi, dilaksanakan kegiatan perbaikan saluran irigasi dan jalan usaha tani, serta optimalisasi dan intensifikasi program Kredit Sahabat (Kerabat). Sementara dalam bidang sosbud, dilaksanakan gotong rotong tempat ibadah dan pemakaman umum, perbaikan sarana air bersih, pemanfaatan lahan pekarangan, serta pemeliharaan jalan dan jembatan desa.

Turut hadir pada acara penutupan tersebut, Wakil Ketua dan anggota DPRD Kab. Sumbawa, Wakapolres Sumbawa, Asisten dan Staf Ahli Bupati, Pimpinan OPD Kab. Sumbawa, Kepala BNN Sumbawa, Para Camat dan Kepala Desa, Organisasi Wanita, serta Tokoh Agama, Masyarakat dan Pemuda. Demikian siaran pers Bagian Humas dan Protokol Setda Kab. Sumbawa. Atas kerjasama yang baik kami sampaikan terima kasih. (ra/mckabsumbawa)

Sumber : Siaran Pers Humas Setda Kabupaten Sumbawa 

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar