• Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Sumbawa, Web Admin Diskominfotik Kantor Bupati Garuda No.1 Sumbawa Besar
Meningkatkan kemampuan numerasi siswa di Sumbawa

Meningkatkan kemampuan numerasi siswa di Sumbawa

07 September, 2018

Sumbawa, Sumbawakab.go.id - Di Sumbawa, salah satu dari enam provinsi mitra INOVASI di NTB, guru belajar bagaimana mengajarkan fondasi numerasi kepada siswa. Syafruddin, S.Pd, merupakan salah satu guru dari Kabupaten Sumbawa yang aktif mengikuti kegiatan yang dilaksanakan oleh INOVASI melalui program rintisan Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Kelas Awal (PERMATA). Saat ini, beliau mengajar matematika dan pendidikan agama Islam di SD Negeri 1 Lopok.

Pak Din, begitu beliau akrab dipanggil oleh siswa-siswinya, mengungkapkan kebahagiaan beliau menjadi seorang guru. “Ya, tentu saya senang menjadi seorang guru”, ujar beliau. Sedari kecil, beliau bercita-cita menjadi pengajar. “Dengan menjadi seorang guru, kita bisa menjadi insan yang lebih ikhlas dalam berbagi ilmu,” tutur Syafruddin menjelaskan alasannya menjadi seorang guru.

Syafruddin bergabung dalam program rintisan PERMATA sejak Oktober 2017. Menurut pendapat beliau, program rintisan PERMATA membantu dalam meningkatkan hasil pembelajaran matematika di sekolahnya.

“Sesudah adanya program rintisan PERMATA, siswa memiliki nilai yang cukup baik dan rata-rata naik. Nilai rata-rata matematika di kelas 1, 2, dan 3 itu 7.5 dan bahkan sekarang semakin baik.”  

Sejauh ini, perubahan dalam metode belajar Syafruddin setelah mengikuti program rintisan PERMATA adalah dengan mengatur atau mengkondisikan siswa untuk belajar di kelas melalui bermain sambil belajar. Inovasi pembelajaran yang dilakukan oleh Syafruddin adalah dengan permainan sederhana yang beliau kembangkan, berkaca dari keberhasilan sesama rekan guru, Nurma. Dalam pembelajaran akar pangkat tiga, Syafruddin menerapkan tabel angka yang membantu siswa-siswi menjawab soal dengan cepat dan tepat. Dengan tabel tersebut, siswa-siswi dengan mudah mencari akar pangkat tiga dengan melihat satu angka.

Syafruddin mengapresiasi program rintisan PERMATA karena telah membantu para guru di sekolahnya dalam proses belajar-mengajar. Siswa-siswinya menjadi lebih aktif di kelas dan pelajaran menjadi lebih menyenangkan.

“Program rintisan PERMATA sangat membantu. Manfaat yang kami lihat itu terutama pada hasil karya siswa. Kami mulai menggunakan alat-alat peraga yang bersifat konkret yang mana siswa sendiri menjadi lebih aktif dalam proses kegiatan belajar-mengajar,” ungkap Syafruddin.

Syafruddin akan terus berusaha untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa-siswi di Sumbawa. Salah satunya dengan berperan untuk membina para guru di sekolahnya yang mengajar di kelas rendah. Beliau juga merupakan salah satu Pembina OSN (Olimpiade Sains Nasional) Matematika tingkat Kabupaten Sumbawa.

Harapannya, kemampuan numerasi murid-muridnya dapat mengantarkan mereka ke pintu prestasi dan masuk ke jajaran kompetisi lebih tinggi. Seperti yang telah beliau lakukan dengan mengantarkan salah seorang siswanya menjuarai OSN (Olimpiade Sains Nasional) tingkat provinsi.

sumber : INOVASI

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar