• Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Sumbawa, Web Admin Diskominfotik Kantor Bupati Garuda No.1 Sumbawa Besar
Kembangkan Potensi Atlet Pelajar, Pemkab Gelar POPKAB Tahun 2018

Kembangkan Potensi Atlet Pelajar, Pemkab Gelar POPKAB Tahun 2018

01 March, 2018

Sumbawa Besar – Bertempat di GOR Mampis Rungan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sumbawa menggelar Pekan Olahraga Pelajar Kabupaten (POPKAB) Tahun 2018. Kegiatan yang dilaksanakan untuk mengukur pembinaan prestasi dan memotivasi serta mengoptimalkan pengembangan potensi atlet pelajar ini diikuti oleh 500 orang pelajar SD, SMP dan SMA yang berasal dari sekolah-sekolah se Kabupaten Sumbawa.

Bupati Sumbawa dalam sambutannya yang disampaikan oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik H. Burhan, SH.,MH mengucapkan selamat kepada seluruh kontingen POPKAB Sumbawa, dan berharap event tersebut dapat menjadi ajang pembibitan dan pembinaan olahraga di Kabupaten Sumbawa. Dari POPKAB yang tentunya harus dilaksanakan secara baik dan konsisten dari tahun ke tahun, diharapkan  terjaring bibit-bibit potensial atlet pelajar berbakat yang akan dibina lebih lanjut, sehingga dapat berprestasi lebih baik lagi di tingkat Regional, Nasional, bahkan Internasional.

Bupati juga menekankan kepada semua pihak, khususnya Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sumbawa serta jajaran KONI Kabupaten Sumbawa agar penyelenggaraan POPKAB yang merupakan kewajiban bagi Pemerintah Daerah sebagaimana termuat di dalam Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional, hendaknya diselenggarakan dengan tetap memperhatikan tujuan keolahragaan nasional serta prinsip penyelenggaraan keolahragaan itu sendiri, yakni tersosialisasikannya olahraga, terjaringnya bibit atlet potensial, meningkatnya kesehatan dan kebugaran, meningkatnya prestasi olahraga, terpeliharanya persatuan dan kesatuan bangsa serta meningkatnya ketahanan nasional. Disamping itu pula, keselamatan dan keamanan selama pertandingan, hendaknya harus mendapat perhatian dan penanganan yang memadai. “Para atlet pelajar yang hadir saat ini tentunya datang ke tempat ini dengan satu tekad, yakni bertanding dan meraih prestasi tertinggi. Saya mengingatkan agar prestasi tersebut hendaknya kalian raih dengan cara-cara yang sportif dan terhormat. Semangat kalian adalah untuk bertanding dan berjuang membawa nama sekolah masing-masing. Untuk itu, hindari hal-hal yang dapat merusak citra pelajar dan menodai makna berolahraga,” tegas Bupati.

Bupati merasa prihatin dengan semakin maraknya fenomena perpindahan olahragawan atau yang biasa disebut “jual beli” atlet antar daerah akhir-akhir ini. Walaupun hal tersebut dibenarkan oleh Peraturan Pemerintah, namun perlu menjadi perhatian serius. Jangan merasa bangga dengan sebuah reputasi, sementara secara riil tidak punya aset olahragawan atau atlit berprestasi, karena hanya mengandalkan anggaran untuk merekrut duta olahraga dari kalangan luar.

Mengantisipasi hal tersebut, khususnya bagi dunia keolahragaan di Kabupaten Sumbawa, Bupati minta kepada seluruh pembina olahraga di tingkat sekolah agar sedini mungkin menanamkan dan menumbuhkan rasa memiliki, serta kebanggaan anak didik pada Kabupaten Sumbawa dengan menananamkan rasa bangga terhadap prestasi, sekaligus bangga membawa nama harum daerah sendiri. Hal tersebut dimaksudkan agar program daerah berupa pembinaan olahraga yang berjenjang dan berkelanjutan tidak terputus di tengah jalan. “Satu hal yang menjadi harapan saya, mengingat besarnya potensi SDM keolahragaan yang ada di daerah kita, sudah seharusnya tiap-tiap kecamatan memiliki minimal 1 (satu) olahraga unggulan yang benar-benar diorientasikan untuk meraih prestasi daerah di Tingkat Nasional. Saya sangat berharap agar konsep ini dapat kita implementasikan, karena sudah menjadi tugas pemerintah daerah untuk mengakomodir potensi keolahragaan di daerahnya masing-masing. Insya allah, jika hal ini dapat kita wujudkan bersama-sama, maka ke depan, kita akan menyaksikan bendera “Sumbawa Hebat dan Bermartabat” bisa berkibar dengan gagahnya di Pentas Olahraga Pelajar Nasional,” pungkas Bupati.

Sementara itu Ketua panitia Sartono, SE.,M.Si melaporkan bahwa kompetisi olahraga pelajar tingkat Kabupaten Sumbawa tersebut adalah kegiatan multi event pelajar kelahiran 1 Januari 2003 ke atas, yang merupakan gambaran pembinaan prestasi olahraga pelajar di sekolah-sekolah dan sebagai salah satu media untuk mengevaluasi pembinaan olahraga pelajar di Kabupaten Sumbawa.

Disampaikan pula bahwa tujuan kegiatan tersebut adalah untuk pembibitan atlet pelajar di Kabupaten Sumbawa untuk dibina dan menjadi wakil kabupaten pada kompetisi-kompetisi yang lebih tinggi baik regional maupun nasional. Atlet terbaik dari hasil POPKAB akan mewakili Kabupaten Sumbawa pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Provinsi NTB yang akan dilaksanakan tanggal 25 sampai dengan 30 Maret yang akan datang.(KH74)

 

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar