Kembali Investasi Berskala Internasional Masuk Sumbawa

Kembali Investasi Berskala Internasional Masuk Sumbawa

23 February, 2018

Sumbawa Besar - Pabrik pengolahan ikan berskala internasional, PT. Bali Seafood Internasional yang berlokasi di Desa Teluk Santong Kecamatan Plampang mulai beroperasi setelah dilakukan peresmian dan pengguntingan pita oleh Sekretaris Daerah Provinsi NTB bersama dengan CEO PT. Bali Seafood Internasional pada Kamis (22/2/2018) di Desa Teluk Santong Kecamatan Plampang.

Hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Daerah Provinsi NTB, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Provinsi NTB, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumbawa, CEO PT. Bali Seafood Internasional beserta jajaran direksi, Camat Plampang dan para tamu undangan lainnya.

Gubernur NTB yang diwakili Sekretaris Daerah Provinsi NTB, Dr. Rosiady Sayuti dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih atas terlaksananya peresmian pabrik pengolahan ikan pertama di kawasan Samota. Sekda berharap keberadaan pabrik ini dapat memberikan manfaat tidak hanya bagi proses pengolahan ikan, tetapi juga bagi peningkatan kesejahteraan  masyarakat, peningkatan kinerja  perekonomian yang pada akhirnya akan berpengaruh positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

Sementara itu, Bupati Sumbawa yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa, Drs. H. Rasyidi dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada PT. Bali Seafood Internasional yang telah berinvestasi di Kabupaten Sumbawa. Sekda berharap keberadaan pabrik ini dapat  meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya para nelayan di Desa Teluk Santong dan para nelayan lainnya yang berada di 18 kecamatan pesisir dalam wilayah Kabupaten Sumbawa.

Pada kesempatan itu, Sekda juga meminta kepada manajemen PT. Bali Seafood Internasional agar pada kemasan produknya nanti dapat mencantumkan nama “Sumbawa” sehingga para konsumen baik dari dalam negeri maupun mancanegara dapat mengetahui bahwa produk tersebut berasal dari Kabupaten Sumbawa. Hal ini dimaksudkan agar menjadi motivasi dan memberikan semangat baru bagi masyarakat Sumbawa untuk mendukung seoptimal mungkin seluruh proses operasi PT. Bali Seafood Internasional. Sekda juga berharap agar potensi kelautan Kabupaten Sumbawa dapat memproduksi ikan sebanyak-banyaknya sehingga PT. Bali Seafood Internasioanl ini dapat beroperasi tidak hanya selama 30 tahun tetapi lebih lama dari itu sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan di Kabupaten Sumbawa. Bahkan menurut Sekda, saat ini Pemkab Sumbawa tengah berupaya membangun Dermaga Internasional Teluk Santong, yang mana DED (Detail Engineering Design) pembangunan dermaga dari Kementerian Perhubungan telah dirampungkan dan saat ini sedang dalam proses tukar lahan. Sekda optimis jika hal ini terwujud, maka Desa Teluk Santong nantinya akan menjadi pusat perekonomian baru yang sangat menjanjikan bagi masa depan Sumbawa dan juga NTB.

 

CEO PT. Bali Seafood Internasional, Jerry Kneicht dalam sambutannya menyampaikan bahwa pabrik ini dirancang dengan standar tertinggi sehingga ikan dari Sumbawa dapat dijual di pasar dunia. “Perusahaan kami yang lain di Amerika Serikat, North Atlantic. Inc, telah menjual produl ikan ke pasar dunia selama 38 tahun. Kami melihat usaha kami di Desa Teluk Santong ini lebih besar dari sekedar pabrik pengolahan ikan, karena kami melihatnya sebagai sebuah pusat pengembangan masyarakat. Kami ingin membantu pengembangan pengelolaan perikanan berkelanjutan sehingga setiap orang dapat berkembang” ujar Jerry.

Disebutkan Jerry bahwa perusahaannya akan membangun toko nelayan sehingga nelayan memiliki alat yang tepat, dan juga pabrik es dimana es akan tersedia untuk mendukung proses produksi. Hal ini menurut Jerry, merupakan bagian dari strategi bisnis jangka panjang.(KH74)

 

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar