TINGKATKAN KAPASITAS TPPD DAN PLD, DPMD KAB. SUMBAWA DAN KOMPAK GELAR BIMTEK

TINGKATKAN KAPASITAS TPPD DAN PLD, DPMD KAB. SUMBAWA DAN KOMPAK GELAR BIMTEK

05 February, 2018

Sumbawa Besar - Tim Pembina Teknis Pemerintah Desa (TPTPD) dan Pendamping Lokal Desa (PLD) Kecamatan Utan dan Plampang menerima Bimtek tentang teknis asistensi penyusunan dan evaluasi APBDes Tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa bekerjasama dengan KOMPAK (Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan) Wilayah Sumbawa.

Bimtek yang berlangsung selama dua hari dari tanggal 5 sampai dengan 6 februari 2018 berlangsung di aula Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa serta  diasistensi oleh pelatih yang berasal dari DPMD Kab. Sumbawa dengan menggunakan metode ceramah, diskusi dan praktek/simulasi.

Menurut keterangan Koordinator Kompak Wilayah Sumbawa Muhammad Ikraman, S.Pt bahwa tujuan diselenggarakannya Bimtek tersebut adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kapasitas teknis Pembina Teknis Pendamping Desa dan Tim evaluasi APBDes tentang Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) dan Sistem Informasi Desa (SID) yang sesuai dengan ketentuan. “bimtek ini sendiri berorientasi pada pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat miskin dan untuk meningkatkan kapasitas PTPD dalam menjalankan wewenang camat untuk melakukan evaluasi terhadap dokumen APBDes TA. 2018.demikian terang Ikraman.

Sementara itu ditempat yang sama Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Muhammad Nur, S.STP menyampaikan rasa terima kasih kepada Kompak yang telah banyak membantu dalam penyelenggaraan kegiatan tersebut dalam rangka menyempurnakan aturan main tentang desa. “Kompak banyak menginisiasi Peraturan Bupati, Surat Edaran untuk penguatan pemerintah desa sehingga diharapkan penyelenggaraan Pemerintahan Desa sesuai aturan yang berlaku, transparan dan akuntabel” jelas Kabid Nur. Kabid Pemdes juga berharap agar peserta Bimtek ke depannya dapat membentuk tim di kecamatan sebagai pusat konsultasi Pemerintah desa karena  Dinas PMD mempunyai keterbatasan dari segi SDM sehingga kecamatan dapat memainkan perannya untuk membantu desa menjadi lebih baik. (KH74)

 

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar