• Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Wujudkan Kabupaten Sumbawa Yang Hebat dan Bermartabat Dengan Semangat Indonesia Kerja Bersama

KOMPAK WILAYAH SUMBAWA LAKSANAKAN WORKSHOP REPLIKASI SISTEM INFORMASI DESA

19 September, 2017

Sumbawa Besar - Bupati Sumbawa melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Drs. H. Rasyidi ketika membuka Workshop Replika Sistem Informasi Desa (SID) bagi Desa-Desa Non Lokasi Kompak, menyampaikan bahwa dari hasil pantauan selama ini menunjukkan komitmen pemerintah desa di lokasi kerja Kompak cukup tinggi dalam penerapan Sistem Informasi Desa (SID) sebagai media pendukung penyediaan data di desa pada khususnya, dan peningkatan kualitas tata kelola desa pada umumnya.

Kegiatan workshop yang diinisiasi oleh KOMPAK (Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan) Wilayah Sumbawa dilaksanakan pada Selasa pagi (19/9/2017) dengan mengambil tempat di Aula H. Madilaoe ADT Lantai III Kantor Bupati Sumbawa. Hadir pada acara tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa, Kabid Usaha Ekonomi Masyarakat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Desa Provinsi NTB, para Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Sumbawa.

Bupati Sumbawa diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Drs. H. Rasyidi, ketika membuka workshop tersebut menyampaikan bahwa dari hasil pantauan selama ini menunjukkan komitmen pemerintah desa di lokasi kerja Kompak cukup tinggi dalam penerapan Sistem Informasi Desa (SID) sebagai media pendukung penyediaan data di desa pada khususnya, dan peningkatan kualitas tata kelola desa pada umumnya.

Disampaikan pula bahwa saat ini sebagian besar desa lokasi kerja Kompak telah memiliki SID yang dapat dimanfaatkan untuk pelayanan administrasi surat menyurat yang cepat, mengelola data kependudukan, profil desa dan data pendukung perencanaan pembangunan desa.

Dijelaskan pula azas manfaat yang didapatkan dari SID antara lain adalah fungsi kantor desa lebih efisien dan efektif, transparan, akuntabel, layanan publik lebih baik. Hal itu dimungkinkan karena dengan SID akses lebih mudah dan cepat, sehingga warga masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan pembangunan desa. Disamping itu, ke depan akan dibangun website desa sebagai media pendukung transparansi, promosi, publikasi dan keterbukaan informasi publik di desa.

Kegiatan whorshop ini sendiri bertujuan antara lain adalah untuk menumbuhkan minat dan komitmen pemerintah desa dalam mengembangkan SID (Sistem Informasi Desa), mengidentifikasi dan memetakan kebutuhan untuk pengembangan SID di desa non lokasi Kompak, mendorong dicapainya kesepakatan peran dan dukungan para pihak dalam rangka pengembangan SID dan menyepakati rencana kerja penguatan SID di seluruh desa lokasi Kompak di masing-masing kabupaten.

“Kompak merupakan program kerjasama Pemerintah Australia dan Pemerintah Indonesia yang didanai oleh Pemerintah Australia (DFAT) untuk periode 7 tahun, yang dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama 2015-2018 dan tahap kedua 2018-2022 yang memiliki tujuan utama mendukung pemerintah dalam pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menegah Nasional (RPJMN) 2015-2019, khususnya peningkatan pelayanan dasar dan pengembangan ekonomi produktif bagi masyarakat miskin dan rentan” ungkap M. Ikraman, S.Pt. koordinator Kompak Wilayah Kabupaten Sumbawa

Sedang hasil yang ingin dicapai dari kegiatan workshop ini menurut Ikraman adalah adanya kesepakatan dan kesediaan seluruh kepala desa untuk mengembangkan SID di masing-masing desa, adanya kesepakatan peran dan dukungan pemerintah kabupaten dan pemerintah desa untuk mendukung penerapan SID dan adanya rencana kerja yang disepakati oleh pemerintah desa dan pemerintah kabupaten dalam mengembangkan SID, pungkasnya. (KH74)

 

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar