• Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Sumbawa, Web Admin Diskominfotik Kantor Bupati Lt.3 Jl. Garuda No.1 Sumbawa Besar
  • Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Sumbawa, Web Admin Diskominfotik Kantor Bupati Lt.3 Jl. Garuda No.1 Sumbawa Besar
KADIS PETERNAKAN OPTIMIS WUJUDKAN INTEGRATED FARMING DI SUMBAWA

KADIS PETERNAKAN OPTIMIS WUJUDKAN INTEGRATED FARMING DI SUMBAWA

09 May, 2017

Banda Aceh. Program Integrated Farming terus menjadi perhatian kontingen  Kabupaten Sumbawa di PENAS XV Aceh 2017. Setelah sehari sebelumnya Wakil bupati Sumbawa memaparkan potensi pertanian Kabupaten Sumbawa pada Temu Usaha Agribisnis dan Pasar Lelang, hari ini Senin (8/5) Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Ir. Talifuddin, M.Si, bersama Sekdis Peternakan dan Keswan Ir. Natsir serta Ketua KTNA Sumbawa H. Jaya Muis mengunjungi Expo dan Kontes Peternakan Nasional.

Kadis Peternakan dan Keswan Sumbawa tertarik melihat beberapa display sapi dan kerbau yang memliki bobot sekitar 800 kg sampai 1 ton. “Kerbau sekitar 800 kilo, Sapi bisa mencapai bobot 900 kilo sampai 1 ton” papar Talif panggilan sehari-hari mantan Kepala Dinas Pertanian TPH Kabupaten Sumbawa tersebut. Talif menjelaskan bahwa beberapa genetis sapi dan kerbau yang ditampilkan pada PENAS tahun ini, merupakan hasil insenminasi buatan dan telah menarik perhatian Presiden Jokowi pada saat Pembukaan Penas. Salah satu focus perhatian dalam pengembangan bobot ternak sapi dan kerbau adalah masalah pakan ternak. “Melihat system penggemukan sapi dan kerbau di Aceh, pada dasarnya dapat diterapkan di Kabupaten Sumbawa” papar Talif.

Terkait dengan pakan ternak lanjut Talif, limbah jagung bisa dicampur dengan hijauan pakan ternak, sehingga nutrisi pakan terpenuhi. “InsyaAllah, masalah pakan yang berlimpah dimusim hujan dapat dipakai di musim kemarau” lanjut Talif.

Selain itu juga adanya teknologi cooper mild maupun cooper biasa, dapat menjadi alat untuk mengolah limbah jagung menjadi pakan ternak ditambah mikroorganisme yang membentuk fermentasi yang dapat menyimpan pakan dalam waktu lama.

Sehingga program integrated farming yang akan dikembangkan di Kabupaten Sumbawa, yang akan memanfaatkan limbah jagung menjadi pakan, dengan bantuan teknologi sederhana dan murah ini, dapat dilakukan oleh kelompok masyarakat di Kabupaten Sumbawa.

Salah satu pengusaha Nasional yang bergerak dibidang pengolahan pakan ternak, siap mendukung upaya peternakan di Kabupaten Sumbawa yang akan mengolah limbah jagung menjadi pakan ternak yang berkualitas dan akan menjadi suplay bagi upaya penggemukan ternak Sumbawa. “InsyaAllah, tahun depan upaya integrated farming antara pertanian jagung dan penyediaan pakan ternak akan kita wujudkan” ujar Talif optimis. (ra/mckabsumbawa).

 

Banda Aceh, 8 Mei 2017

Reporter    : Rachman Ansori

PIC Media Center Kabupaten Sumbawa

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar

    Berita Terbaru
    SEKDA DAN ROMBONGAN SAFARI KE KECAMATAN PLAMPANG
    12 Oktober, 2016
    Sumbawa Besar – “Saya berharap semua sektor pembangunan dapat berjalan dengan baik dan lancar serta mampu meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat” demikian disampaikan Sekda Kabupaten Sumbawa Drs. H. Rasyidi ketika beliau memberikan sambutan pada kegiatan safari Ramadhan ke Kecamatan Plampang, tepatnya di Masjid Al Islah, Desa Muer Kecamatan Plampang, Selasa (6/6).