• Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Sumbawa, Web Admin Diskominfotik Kantor Bupati Lt.3 Jl. Garuda No.1 Sumbawa Besar
  • Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Sumbawa, Web Admin Diskominfotik Kantor Bupati Lt.3 Jl. Garuda No.1 Sumbawa Besar
KABUPATEN SUMBAWA RESMI MENJADI ANGGOTA JARINGAN KOTA PUSAKA INDONESIA

KABUPATEN SUMBAWA RESMI MENJADI ANGGOTA JARINGAN KOTA PUSAKA INDONESIA

20 April, 2017

Sumbawa Besar -  Pemeintah Kabupaten Sumbawa mulai melirik sector pariwisata untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, hal ini tentunya dikarenakan sektor ini sangat strategis, paling tahan banting, tahan terhadap krisis. Bahkan ketika mata uang kita melemah, turis manca Negara malah mau berbondong-bondong untuk datang. Dan kondisi Indonesia saat ini bisa menjadi peluang besar bagi Kabupaten Sumbawa mengingat besarnya potensi-potensi wisata yang dapat dan  masih belum dikembangkan.

Menyadari hal tersebut maka Pemerintah Daerah melalui Dinas Pariwisata terus dengan gencar mempromosikan potensi-potensi wisata yang ada melalui beberapa event baik yang diinisiasi oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi ataupun oleh Pemerintah Kabupaten Sumbawa sendiri.

Salah satu event dan wadah yang coba disasar untuk mengembangkan dan memperkenalkan  potensi wisata ini yaitu melalui Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) yang beberpa waktu yang lalu menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional ke-VI Tahun 2017 yang digelar di Kabupaten Gianyar-Bali. Rakernas dibuka oleh Ketua Presidium JKPI Anak Agung Gde Agung Bharata, SH yang sekaligus Bupati Gianyar di Balai Budaya Gianyar, Senin (17/4).

Pada Rakernas VI JKPI Tahun 2017 ini selain sebagai wahana konsolidasi para anggota JKPI dalam upaya pelestarian pusaka budaya, pusaka bangunan, pusaka benda dan pusaka alam yang akan disinkronkan dengan program kementerian/lembaga, serah terima jabatan Ketua Presidium JKPI dari Bupati Gianyar kepada Walikota Bau Bau, juga disampaikan Keputusan Keanggotaan baru Jaringan Kota Pusaka Indonesia.

Kabupaten Sumbawa yang  hadir pada acara Rakernas ini sekaligus ditetapkan sebagai Anggota JKPI oleh Presidium JKPI. Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah yang berkesempatan hadir pada Rakernas tersebut, menerima langsung Surat Keputusan Keanggotaan JKPI dari Ketua Presidium JKPI Anak Agung Gde Agung Bharata, SH di Balai Budaya Gianyar. Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Sumbawa menyampaikan terima kasih atas penilaian para Peninjau Jaringan Kota Pusaka Indonesia sehingga Kabupaten Sumbawa dipandang memenuhi syarat sebagai Anggota Jaringan Kota Pusaka Indonesia Tahun 2017.

Pada kesempatan itu pula Wakil Bupati Sumbawa menyampaikan  bahwa Kabupaten Sumbawa memiliki banyak memiliki potensi pusaka daerah baik pusaka alam, situs, cagar, budaya, atraksi dan tarian daerah, permainan rakyat dan lainnya. Potensi pusaka tersebut patut untuk selalu dilestarikan, dikembangkan dan dimanfaatkan untuk kesejahteraan rakyat. Pusaka Sumbawa nantinya diproyeksikan akan menjadi branding tersendiri dari pengembangan pariwisata daerah maupun penggalian pengembangan budaya yang sangat beragam yang menjadi ciri masyarakat Sumbawa. “Dengan kesertaan sebagai anggota JKPI, Kabupaten Sumbawa akan semakin akseleratif dan sinergis guna melestarikan pusaka daerah dengan dukungan program dari kementerian terkait yang difasilitasi oleh JKPI” demikian disampaikan Haji Mo, sapaan akrab Wakil Bupati Sumbawa.  (KH74)

Sumber : Dinaskominfotikkabsbw

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar

    Berita Terbaru
    SEKDA DAN ROMBONGAN SAFARI KE KECAMATAN PLAMPANG
    12 Oktober, 2016
    Sumbawa Besar – “Saya berharap semua sektor pembangunan dapat berjalan dengan baik dan lancar serta mampu meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat” demikian disampaikan Sekda Kabupaten Sumbawa Drs. H. Rasyidi ketika beliau memberikan sambutan pada kegiatan safari Ramadhan ke Kecamatan Plampang, tepatnya di Masjid Al Islah, Desa Muer Kecamatan Plampang, Selasa (6/6).