• Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Sumbawa, Web Admin Diskominfotik Kantor Bupati Lt.3 Jl. Garuda No.1 Sumbawa Besar
  • Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Sumbawa, Web Admin Diskominfotik Kantor Bupati Lt.3 Jl. Garuda No.1 Sumbawa Besar
SEBAGAI WUJUD SYUKUR DAN TERIMA KASIH, PEMKAB RENCANA GELAR PANEN RAYA JAGUNG

SEBAGAI WUJUD SYUKUR DAN TERIMA KASIH, PEMKAB RENCANA GELAR PANEN RAYA JAGUNG

12 April, 2017

Sumbawa Besar – Upaya dan kerja keras pemerintah untuk secara bertahap mengurangi import bahan pangan guna mewujudkan swasembada pangan direspon antusias oleh seluruh komponen masyarakat Indonesia. Melalui Kementerian Pertanian Pemerintah Indonesia secara massif telah  menggelontorkan berbagai program dan kegiatan demi mewujudkan swasembada pangan ini.

Kabupaten Sumbawa dengan segala potensi yang dimiliki baik berupa kesuburan dan ketersediaan lahan yang masih sangat luas, diharapkan mampu memberikan kontribusi penting bagi peningkatan produksi pangan nasional khususnya produksi jagung nasional. Untuk mendukung serta mewujudkan  program pemerintah tersebut,  maka Kabupaten Sumbawa melalui Dinas Pertanian telah berikhtiar secara terus menerus dengan menyelaraskan strategi dan memanfaatkan seluruh potensi yang dimiliki untuk meningkatkan luas penanaman, produksi dan produktifitas pertanian khususnya tanaman jagung ini, maka dengan kerja keras seluruh komponen dari Pemerintah hingga masyarakat petani, Dinas Pertanian Kab. Sumbawa telah berhasil menggenjot produksi dan produktifitas komoditi pangan utama, khususnya jagung secara signifikan di Kabupaten Sumbawa.

Berdasarkan data yang dilansir oleh Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa, dalam empat  tahun terakhir telah terjadi peningkatan areal tanam yang signifikan dari 35.462 Ha pada tahun 2012 menjadi 56.352 Ha pada tahun 2015. Demikian juga dengan produksi per hektar meningkat dari 192.391 ton pada tahun 2012 menjadi 329.885 ton pada tahun 2015. Sedangkan untuk luas tanam jagung pada bulan Oktober 2016 sampai dengan Maret 2017 telah mencapai 65.650 Ha hal ini berarti telah melampaui target yang ditetapkan sebesar 61.516 Ha.

Dengan adanya keberhasilan ini, Pemerintah Kabupaten Sumbawa berencana melaksanakan kegiatan panen raya jagung yang direncanakan pada bulan April 2017 dengan mengharapkan kehadiran Bapak Presiden Republik Indonesia. Hal ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat tani Sumbawa serta untuk mewujudkan rasa syukur dan terima kasih dari masyarakat tani Kabupaten Sumbawa atas keberhasilan ini. (KH74)

Sumber : Dinaskominfotikkabsbw

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar

    Berita Terbaru
    SEKDA DAN ROMBONGAN SAFARI KE KECAMATAN PLAMPANG
    12 Oktober, 2016
    Sumbawa Besar – “Saya berharap semua sektor pembangunan dapat berjalan dengan baik dan lancar serta mampu meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat” demikian disampaikan Sekda Kabupaten Sumbawa Drs. H. Rasyidi ketika beliau memberikan sambutan pada kegiatan safari Ramadhan ke Kecamatan Plampang, tepatnya di Masjid Al Islah, Desa Muer Kecamatan Plampang, Selasa (6/6).