STQ XVII Resmi Ditutup

18 June, 2004

Seleksi Tilawatil Qur'an ( STQ ) ke XVII resmi ditutup oleh Gubernur yang diwakili oleh Wakil Gubernur ( Wagub ) NTB, ditandai dengan pemberian hadiah kepada masing - masing juara.

Sebelumnya acara diisi dengan atraksi seni yang dibawakan oleh kelompok - kelompok seni, antara lain Kelompok seni dari Pusat Latihan Kesenian ( PLK ) yang membawakan tarian Persembahan, nyanyian lagu - lagu Islami dari Seroja Band dan Qasidah Rebana Dharma Wanita Persatuan Sumbawa.

Dalam sambutannya yang dibaca  Wagub, Gubernur NTB Drs. H L Serinata, mengemukakan, tujuan STQ ke XVII diharapkan dapat memilih peserta terbaik dari masing - masing cabang dan golongan yang dilombakan dan dapat tersusunnya anggota kafilah dari Propinsi NTB sebagai peserta STQ XVII tingkat nasional Juli 2004 mendatang, yang akan dilaksanakan di Propinsi Bengkulu.

" Kami berharap nantinya Kafilah yang akan mewakili Propinsi NTB dapat meraih juara satu dalam kegiatan tersebut". Karena kemenangan tersebut mempunyai nilai tersendiri bagi masyarakat NTB," harapnya.

Sementara itu Bupati Sumbawa Drs. H A Latief Majid SH, dalam sambutannya menyampaikan, suksesnya seluruh rangkaian kegiatan STQ sekaligus dapat menikngkatkan kecintaan umat Islam terhadap AL- Qur'an, mempertebal keimanan dan keislaman serta dapat memperkokoh ukhuwah Islamiyah. Disamping itu, dapat menjadikan isi kandungan AL-Qur'an sebagai pedoman utama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara termasuk dalam menerapkan otonomi daerah dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Setelah penyampaian sambutan acara dilanjutkan dengan pengumuman juara - juara yang memenangkan masing - masing cabang dan golongan yang dilombakan dalam STQ XVII.

Sedikitnya sekitar 105 orang pemenang yang didaulat naik panggung untuk menerima piala yang diserahkan oleh wakil Gubernur, Bupati Sumbawa, Kakanwil Depag NTB dan ketua LPTQ NTB. Ke-105 orang pemenang tersebut terdiri dari untuk juara I dari masing - masing cabang dan golongan sebanyak 22 orang, juara II sebanyak 21 orang dan juara III sebanyak 19 orang. Juara Harapan I sebanyak 18 orang, Juara Harapan II sebanyak 14 orang, dan Juara Harapan III  sebanyak 11 orang. Selain mendapatkan piala, para pemenang juga mendapatkan hadiah berupa uang dari Pemerintah Kabupaten Sumbawa yang diserahkan langsung oleh Bupati Sumbawa Drs. H A Latief Majid, SH.

Untuk 22 orang juara I masing - masing berhak mendapatkan hadiah uang sebesar Rp. 2 juta, Juara II sebanyak 21 orang masing - masing mendapatkan 1,5 juta dan juara III sebanyak 19 orang masing - masing mendapatkan Rp. 1 juta. Sedangkan untuk juara harapan I sebanyak 18 oranng masing - masing mendapatkan Rp. 600 ribu, juara harapan II sebanyak 14 orang masing - masing mendapatkan Rp. 500 ribu dan juara harapan III sebanyak 11 orang masing - masing mendapatkan Rp. 400 ribu.Tidak itu saja, Pemkab Sumbawa juga memberikan TV ukuran 21 inchi kepada Juara Umum Kabupaten Lombok Barat.

Ditambah lagi dengan pemberian hadiah secara pribadi dari Gubernur NTB berupa TV 21 inchi sebanyak 22 buah kepada masing - masing juara I. Usai penyerahan hadiah acara dilanjutkan dengan nyanyian Mars Musabaqah Tilawatil Qur'an ( MTQ ) yang dibawakan oleh siswi - siswi SMUN I Sumbawa, yang dilanjutkan dengan atraksi seni dari kelompok seni Kecamatan Alas dan Qasidah Rebana dari Kecamatan Moyo Hilir.

Masyarakat Sumbawa sendiri, nampak antusias mengikuti acara tersebut. Lokasi STQ Digelar dilapangan Pahlawan Sumbawa Besar, dipadati penonton yang ingin menyaksikan secara langsung acara penutupan dari penyerahan hadiah.

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar