• Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Sumbawa, Web Admin Diskominfotik Kantor Bupati Garuda No.1 Sumbawa Besar

40 CTKW DILATIH DI BLK LN SUMBAWA

08 June, 2004

Sedikitnya 40 calon tenaga kerja wanita asal Sumbawa, saat ini menerima pelatihan di Balai Latihan Kerja Luar Negeri (BLKLN) Sumbawa, yang disponsori oleh PT. Tiga Pendawa Purnama Nusantara.

40 orang CTKW tersebut selain akan mendapatkan pelatihan ketrampilan menjadi pramuwisma dan baby sister juga akan dilatih program bahasa Inggris dan bahasa Arab.

Demikian dikatakan pimpinan BLKLN Sumbawa, H. Muhaimin kepada wakrtawan Sabtu.

40 orang CTKW dimaksud selain selain dikirim dari beberapa PJTKI juga ada yang berlatih secara pribadi tanpa perantaraan PJTKI serta ada juga peserta eks TKW.

"Selain dari PJTKI juga ada peserta yang datang sendiri untuk ikut pelatihan ini," kata Muhaimin.

Mengenai biaya, dikatakannya, untuk peserta yang belum pernah menjadi TKW akan dikenakan biaya sebesar Rp.400 ribu, sedangkan bagi peserta yang pernah menjadi TKW atau eks TKW dikenakan biaya sebesar Rp.375 ribu.

Sementara itu, Kepala Disnakertrans Sumbawa, Drs. Alimuddin Nur, mengatakan, dengan adanya pelatihan di BLK LN tersebut, bisa menghemat biaya, selain juga bisa mengeliminir masalah, baik disaat pemberakatan ataupun saat penempatan.

Dengan adanya BLKLN di Sumbawa, maka para CTKI tidak terlalu mikir mahalnya biaya komunikasi dengan keluarga," katanya.

Salah satu peserta pelatihan yang juga eks TKW, Fatimah, mengaku sangat untung dengan keberadaan BLKLN di Sumbawa, sebab bila mengikuti pelatihan di Jakarta, peserta harus menunggu waktu 2 hingga 3 minggu.

"Biasanya kalau di Jakarta kami harus menunggu waktu untuk mendapatkan latihan kerja antara 2 hingga 3 minggu," kata Fatimah (C-6)

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar